Berkunjung ke Buton, Presiden Jokowi Diganjar Gelar Kesultanan

Buton, Daerah28 Dilihat

BUTON – Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. H. Joko Widodo meraih gelar Lakina Bhawangi Yi Nusantara dari lembaga adat kesultanan Buton.

Selain gelar, Jokowi juga dinobatkan La Ode Muhammad Joko Widodo. Pemberian gelar dan nama tersebut diucapkan oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, SH., saat Jokowi melakukan kunjungan kerja, di Kota Bau-bau, Senin (26/9/2022).

“Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa, atas limpahan rahmat, taufiq dan hidayah-nya, sehingga pada kesempatan yang baik ini, kita bersama-sama dapat mengikuti acara “Pemberian Gelar Kehormatan Adat dan Budaya Kesultanan Buton kepada Presiden Joko Widodo, dari Lembaga Adat Kesultanan Buton, dengan Nama La Ode Muhammad Joko Widodo” dan bergelar “Lakina Bhawangi Yi Nusantara” atau Pemimpin Seluruh Wilayah di Nusantara,” kata Ali Mazi dalam keterangan persnya.

BACA JUGA :  Nestapa Nelayan di Konut, Direktur EXOH : Rakyat Dibuat Susah

Pada kesempatan itu, Ali Mazi mewakili Pemerintah Daerah (Pemda) dan masyarakat Sultra, menyampaikan selamat datang di Pulau Buton, kepada Jokowi, serta mengucapkan terimakasih atas kesempatan Jokowi untuk menerima pemberian gelar dan nama tersebut.

“Semoga pemberian gelar membawa berkah bagi kemajuan daerah Sulawesi Tenggara, serta kemajuan bangsa dan negara Indonesia tercinta,” ucap Ali Mazi.

Orang nomor satu di Sultra itu juga mengungkapkan, rasa bangganya atas pakaian adat Buton yang digunakan oleh Jokowi saat upacara peringatan HUT RI ke-77.

BACA JUGA :  PT Tiran Indonesia Serahkan 10 Ton Beras Untuk Korban Banjir di Konut

“Pada kesempatan ini, kami juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Presiden dan Ibu Negara yang telah memilih menggunakan Pakaian Adat Buton pada acara kenegaraan Peringatan HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2022 di Istana Merdeka. Sungguh momentum tersebut telah memberi kebanggaan yang begitu besar bagi masyarakat Buton, masyarakat Sulawesi Tenggara,” ungkap Putra kelahiran Buton itu.

Pada kegiatan itu turut hadir antara lain, Menteri Kabinet Indonesia Maju, Forkopimda Provinsi Sultra, para Bupati/Walikota Se-Sultra, dan Ketua DPRD Kota Baubau, para pejabat sipil dan TNI/Polri dan Ketua Lembaga Adat Kesultanan Buton, bersama Perangkat Adat Kesultanan Buton.

Laporan : To

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *