Sambut Tahun Baru Islam 1445 H, Masyarakat Suku Tolaki Gelar Pawai Budaya dan Ziarah Makam Raja Lakidende

Budaya34 Dilihat

KONAWE – Dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah, ratusan masyarakat Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pawai budaya, Selasa (18/7/2023).

Ratusan masyarakat tersebut merupakan gabungan dari 4 lembaga adat suku tolaki diantaranya, Organisasi Masyarakat Adat Sulawesi Tenggara, Forum Adat Tolaki (Fordati), Rimbutako dan Tokoh Pemerhati Budaya Konawei.

Pawai budaya dimulai sejak pukul 10.00 Wita, dimulai dari depan Kantor DPRD Konawe menuju Makam leluhur Raja Lakidende Ke Pakandeate untuk berziarah.

Sekjen Lembaga Adat Tolaki (LAT), Bisman Saranani mengatakan, kegiatan pawai budaya ini merupakan euforia dalam menyambut tahun baru islam 1445 Hijriah

“Jangan hanya tahun baru masehi yang kita rayakan, tetapi tahun baru islam seperti ini juga harus kita budayakan. Acara ini bukan untuk unjuk kekuatan, melainkan untuk menjaga keimanan sebagai sebagai umat muslim yang baik,” kata Bisman Saranani.

Sekjen LAT berharap, semoga di tahun baru 1445 Hijriah ini semua masyrakat khususnya suku tolaki bisa berubah, dari yang kurang baik menjadi lebih baik sembari menjalankan adat-istiadat sebagai masyarakat suku tolaki. Semoga tahun depan bisa lebih meriah dan bisa dihadiri oleh semua masyarakat Sultra.

“Kamu suku tolaki selalu terbuka dan menerima siapa saja, baik dari Pemimpin Daerah maupun para investor yang datang ke Sultra, yang penting mau menghormati adat-istiadat setempat, pasti kami akan mendukung sepenuhnya,” imbuhnya.

Setelah ziarah ke makam Raja Lakidende Ke Pakandeate, gelaran pawai budaya akan dilanjutkan ke Kelurahan Meluhu, Kecamatan Meluhu, Konawe untuk melakukan diskusi adat dan pembersihan benda-bunda pusaka.

Laporan: Renaldy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *