Danrem 143/HO Hadiri Ground Breaking Pembangunan Patung Pahlawan Nasional Oputa Yi Koo

Budaya, Buton51 Dilihat

BUTON – Komandan Korem 143/HO Brigjen TNI Yufti Senjaya turut hadir dalam kegiatan ground breaking pembangunan patung pahlawan nasional Sultan Himayatuddin Saidi (Oputa Yi Koo), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), di Tanjung Koubula Kelurahan Koubula, Kecamatan Batupoaro, Kota Baubau, Kamis (22/9/2022).

Hal ini dikatakan oleh Plh Kapenrem 143/HO, Lettu Inf Rusmin Ismail dalam rilisnya di Kendari. Kata dia, kegiatan ground breaking tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi.

“Selain Danrem 143/HO, Forkopimda Sultra juga turut hadir Dalam kegiatan ground breaking pembangunan patung pahlawan nasional yang di pimpin oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi,” kata Rusmin.

Dalam sambutannya, Gubernur Ali Mazi menyampaikan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan merupakan salah satu wujud komitmen dalam pembangunan tugu atau patung pahlawan nasional asal Sultra.

“Alhamdulillah, kita patut bersyukur karena di daerah Sulawesi Tenggara kembali menunjukkan salah satu wujud komitmennya yang akan melaksanakan pembangunan tugu atau patung pahlawan nasional asal Sulawesi Tenggara” kata Ali Mazi.

“Melalui surat keputusan presiden Republik Indonesia pada tanggal 7 November 2019 tahun lalu kami atau saya sebagai salah satu generasi pewaris langsung mendapat penghargaan tersebut di istana negara di Jakarta Sebagaimana Sultan Himayatuddin Saidi yang konsisten melakukan perlawanan terhadap agresi dan nafsu imperialisme kompeni Belanda selama 24 tahun mulai dari 1752 sampai dengan 1776” lanjutnya.

Ali Mazi berharap keberadaan patung tersebut dapat memacu spirit generasi bangsa untuk senantiasa menginternalisasikan semanagat perjuangan Oputa Yi Koo.

“Rencana tinggi pembangunan patung tersebut nantinya setinggi 23 meter yang memiliki makna bahwa Oputa Yi Koo merupakan Sultan Buton ke-23 dan diperkirakan akan rampung dalam 2 tahun kedepan dengan menggunakan dana APBD Provinsi Sulawesi Tenggara,” beber Ali Mazi.

“Seperti kita ketahui bersama pembagunan tugu atau patung Pahlawan Nasional Sultan Himayatuddin Muhammad Zaid merupakan salah satu ikon baru di wilayah Buton yang akan di bangun di kotamara kota Bau bau,” tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu diantaranya, Kapolda Irjen Pol. Drs. Teguh Pristiwanto, Kabinda Sultra Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana, Walikota Baubau Laode Ahmad Monianse, Danlanud Halu Oleo Kolonel Pnb. Andy Ferdinand Picaulima, Dandim 1413/Buton Letkol Arm. Muhamad Faozan, M.I.Pol, Danlanal Letkol Laut (P) Abd. Kadir Mulku Zahari Opsla, Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo,S.Ik, Kadis Cipta Karya Sultra Pahri Yamsul, Kakanwil Kemenkumham Sultra Sylvester Silalaba, Sultan Buton Dr. LM. Izzat Manarfa, para ketua/pimpinan lembaga adat lingkup Kota Baubau, tokoh adat, tokoh agama dan masyarakat.

Penulis : To

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *