Pemkab Konut dan Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga Surabaya Jalin Kerjasama Pendidikan

Advetorial16 Dilihat

SURABAYA – Pemerintah Kabupaten Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menjalin kerjasama pada sektor pendidikan

Langkah Pemkab Konawe Utara dibawah komando Bupati Ruksamin adalah dalam upaya meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi masyarakatnya dan mewujudkan visi misi sejahtera dan berdaya saing.

Bupati Ruksamin bersama Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Badri Munir Sukoco menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) sebagai ikatan terbangunnya sebuah kerjasama.

Kerjasama ini mencakup berbagai bidang. Antara lain pendidikan, pelatihan, penelitian, pengkajian, dan pengabdian masyarakat.

Acara penandatanganan PKS ini berlangsung di Gedung Baru Sekolah Pascasarjana Unair Surabaya, Rabu (5/6/2024).

Pada kesempatan itu, Bupati Ruksamin mengungkapkan, rasa syukurnya serta ucapan terima kasih kepada Universitas Airlangga yang telah menerima Pemda Konawe Utara untuk menjalin kerjasama ini.

“Ini suatu kebahagiaan dan kehormatan yang luar biasa bagi kami bahwa Pemda Konawe Utara dapat diterima. Kerjasama ini harus benar-benar dimanfaatkan dengan baik untuk kemajuan bersama,” ujarnya.

BACA JUGA :  Diskominfo Konut Gelar Bimtek Pemanfaatan Teknologi Informasi Bagi Kader PKK, Wakil Bupati Bilang Begini

Ruksamin juga menekankan, bahwa kerjasama ini merupakan bagian dari implementasi visinya, Konasara (Konawe Utara Sejahtera dan Berdaya Saing).

Menurutnya, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan langkah pertama yang harus dilakukan untuk mencapai visi tersebut.

“Untuk menuju visi tersebut, maka kita harus meningkatkan SDM-nya dulu,” tegasnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa Konawe Utara adalah daerah yang kaya akan sumber daya alam, dan untuk mengelola kekayaan tersebut diperlukan SDM yang unggul.

Selanjutnya Ia mengatakan dalam mendukung peningkatan SDM di wilayahnya, bahwa Pemerintah Kabupaten Konawe Utara saat ini telah menggratiskan biaya SPP bagi seluruh mahasiswa asal Konawe Utara.

Kebijakan ini merupakan salah satu wujud nyata komitmen Pemda dalam mendorong peningkatan akses pendidikan bagi masyarakat.

Sebagai langkah awal untuk menindaklanjuti kerjasama ini, Bupati Ruksamin langsung menginstruksikan dinas terkait untuk memprogramkan 20 ASN asal Konawe Utara untuk melanjutkan pendidikan S2 di Unair.

BACA JUGA :  PT Bumi Sentosa Jaya Serahkan Bantuan Bagi Korban Banjir

“Untuk seleksinya kami serahkan kepada pihak universitas, kami hanya merekomendasikan, dan untuk biayanya ditanggung oleh Pemda” ucapnya dengan tegas.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Mohammad Nasih, mengapresiasi inisiatif Bupati Ruksamin.

Ia menyatakan bahwa Universitas Airlangga sangat menyambut baik kerjasama ini dan berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh.

“Kami sangat menyambut baik kerjasama ini dan berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh. Universitas Airlangga siap berkontribusi dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di Konawe Utara melalui program-program akademik dan penelitian yang unggul,” kata Prof. Nasih.

Dalam acara penandatanganan PKS tersebut, Bupati Ruksamin didampingi oleh para staf ahli, sejumlah kepala OPD, dan kabag lingkup Pemda Konawe Utara.

Sebagai ungkapan terima kasih, dikesempatan itu Bupati juga menyerahkan cendera mata kepada Direktur Pascasarjana Unair.

 

Redaksi

Komentar