Pemkab Bombana Minta Masyarakat Kembangkan Pariwisata

Daerah27 Dilihat

BOMBANA – Pemerintah Kabupaten Bombana Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), melalui Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga meminta masyarakat kembangkan sektor pariwisata.

Permintaan itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Bombana, Janariah saat menggelar workshop (Pelatihan) dalam rangka peningkatan sumber daya pengelola yang efektiv dan efisien, sesuai dengan intruksi Kementrian Pariwisata untuk percepatan akselerasi dan mewujudkan pencapaian target pembangunan dimasing-masing sektor.

Kata Janariah, pengembangan sektor pariwisata dan peningkatan sumberdaya manusia (SDA) sadar wisata serta penerapan sapta pesona dititikberatkan kepada pemangku kepentingan dan pelaku pariwisata di daerah.

BACA JUGA :  Dugaan Sertifikat Terbit Diatas Pencadangan Transmigrasi Mencuat, DPRD Konut Didesak Bentuk Pansus

“Kalau sarana dan prasaran sudah terpenuhi dan sumber daya tidak mempuni akan pincang jalanya. Kalau semua jalan berbarengan tentu apa yang yang kita inginkan akan terwujud,” ucapnya, Kamis 8 April 2021.

Untuk itu pelaku pariwisata yang terdiri dari kelompok sadar wisata memiliki peran penting dan berada digaris depan untuk memberikan inovasi dalam hal meningkatkan sektor wisata di Indonesia khususnya di Bombana.

“Saya minta masyarakat untuk ikut berpartisipasi menumbuh kembangkan wisata di daerah khususnya desa yang memiliki wisata,” kata Mantan Camat Kabaena Timur.

BACA JUGA :  Buka Puasa Bersama Ribuan Warga Konawe, Ruksamin Sebut Selaras "Rumah" Seluruh Masyarakat Sultra

Sementara itu, Dinas Pariwisata Sultra melalui Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata, La Ode Aliudin mengatakan, peningkatan peran masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan memerlukan berbagai upaya pemberdayaan.

Hal tersebut bertujuan, agar masyarakat dapat berperan aktif guna menerima manfaat positif dari kegiatan pembangunan yang dilaksanakan untuk peningkatan kesejahteraan.

“Kita berharap kegiatan ini mampu meningkatkan implementasi sapta pesona di daerah tujuan wisata dan meningkatkan sadar wisata dikalangan masyarakat melalui bantuan dari kelompok sadar wisata,” ucapnya.

Laporan : Muis

Komentar