Kabupaten Buton Bakal Miliki UPTD BLK

Daerah249 Dilihat

Konasaranews.com, Buton – Dalam waktu yang tak terlalu lama lagi, Kabupaten Buton Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), akan memiliki Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK).

Kepastian berdirinya UPTD BLK di Kabupaten Buton diungkapkan Kepala BLK Kendari, La Ode Haji Polondu pada Rabu (3 Maret 2021).

Kata La Ode Haji Polondu, BLK di Buton nantinya akan membuka dua kejuruan. Diantaranya, program perbengkelan atau otomotif roda dua dan pelatihan menjahit atau garmen apparel.

“Peresmian kantor itu kita jadwalkan 8 Maret 2021 sekalian pembukaan pelatihan,” ujarnya.

Lanjutnya, dengan adanya UPTD BLK di Buton dapat dimamfaatkan sebaik mungkin untuk menerima ilmu pengetahuan sehingga ketika keluar dari pelatihan telah memiliki kualitas dan kuantitas yang mempuni.

BACA JUGA :  Dugaan Sertifikat Terbit Diatas Pencadangan Transmigrasi Mencuat, DPRD Konut Didesak Bentuk Pansus

“Semua yang keluar dari BLK dapat bersaing di dunia bisnis dan industri. Itu yang kita harapkan,” katanya.

Menurutnya, jika apa yang didapatkan dalam pelatihan nantinya besar kemungkinan telah memiliki keterampilan dan kemampuan mandiri.

“Kalau mereka mamfaatkan sebaik mungkin ilmu yang didapatkan, tidak menutup kemungkinan mereka bisa membuka lapangan kerja,” terangnya.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, mengingat pihak BLK memberikan sertifikat kompoten bagi peserta yang melakukan pelatihan.

“Sertifikat itu akan menjadi bukti jika mereka telah memiliki ilmu dan keterampilan,” pungkasnya.

BACA JUGA :  P3D Konut Sebut Bos PT Ambo "Raja Otoriter Baru" di Blok Mandiodo

Sementara Bupati Buton La Bakry mengatakan, jika dirinya mengapresiasi apa yang dilakukan BLK Kendari dalam memberikan dukungan pembangunan dibidang ketenagakerjaan.

Menurutnya, langkah BLK Kendari memberikan empat paket pelatihan sangat besar mamfaatnya. Di mana nantinya sebanyak 64 orang angkatan kerja untuk kejuruan anggarannya bersumber dari dana BLK Kendari Kementerian Ketenagakerjaan RI Tahun Anggaran 2021.

“Kita ini lokasi tambang aspal akan banyak membutuhkan dan menyerap tenaga kerja terampil terutama untuk operator alat berat. Kita harap Buton menghasilkan generasi yang memiliki skill dengan adanya BLK ini,” tutupnya.(cr3)

Komentar