Anggota DPRD Konut Ini Dorong Periode Kedua Ruksamin Pembuatan 1.000 KM JUT

Daerah40 Dilihat

Konasaranews.com, Konut – Anggota DPRD Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), Saprin mendorong pemerintahan Bupati Ruksamin di periode keduanya untuk membuat jalan usaha tani (JUT) sepanjang 1.000 kilo meter.

Dorongan itu dikeluarkan, lantaran dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di tahun terakhir Ruksamin pada periode pertamanya sebagai Bupati Konut instansi terkait selalu memunculkan program JUT.

“Saya dorong juga di tiga kecamatan kemarin agar dinas terkait karena Musrenbang ini diakhir tahun masa jabatan Konasara I. Kalau bisa yang selalu memunculkan JUT, ayo kita sepakat buat program membuat JUT 1.000 kilo meter selama lima tahun,” kata Saprin, Rabu (3 Maret 2021).

BACA JUGA :  Nestapa Nelayan di Konut, Direktur EXOH : Rakyat Dibuat Susah

Jika program pembuatan JUT 1.000 KM dalam lima tahun, lanjut Saprin, maka akan dilaksanakan 200 KM per tahunnya yang selanjutnya tinggal dibagi dengan 159 desa dan 11 kelurahan maka.

“Artinya setiap tahun akan ada desa yang mendapatkan JUT 2 atau 3 kilo meter,” ujarnya.

Kata Saprin, langkah tersebut dilakukan dengan melihat desa yang memiliki potensi di sektor pertanian. Dan jika hal tersebut dilaksanakan setiap tahunnya dengan bersinergi dana desa (DD) APBN, APBD Provinsi.

BACA JUGA :  Dugaan Sertifikat Terbit Diatas Pencadangan Transmigrasi Mencuat, DPRD Konut Didesak Bentuk Pansus

“Ini tidak akan berat. Apa yang kita lahirkan akan memberikan pemberdayaan pengusaha lokal kita. Minimal setiap tahunnya 200 orang,” terangnya.

“Ke dua, kita bisa membuka gerbang keterisolasian. Sehingga saya punya proyeksi masyarakat dalam lima tahun luar biasa terjadi peningkatan kesejahteraan. Isolasi hutan yang tidak memberikan mamfaat akan mempermudah akses ke lahan pertanian mereka,” tutup Ketua DPD Golkar Konut ini.(cr1)

Komentar