Peringati Hari Amal Bakti, Bupati Konut Minta Toleransi Ditingkatkan

Daerah17 Dilihat

Konasaranews.com, Konut – Bupati Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Ruksamin meminta masyarakat di daerah itu untuk terus meningkatkan rasa toleransi sesama umat beragama.

Permintaan itu diungkapkan saat dirinya menjadi irup di upacara peringatan Hari Amal Bakti ke 75 tahun 2021 yang diselenggarakan di halaman kantor Departemen Agama Konut, Selasa (5/1/2021).

“Mari kita tingkatkan toleransi dan kerukunan antar umat beragama. Hal tersebut merupakan karya bersama para tokoh agama, Mentri Agama, dan aparatur kementrian agama dari masa ke masa. Tanpa toleransi, tidak ada kerukunan,” katanya.

BACA JUGA :  Ruksamin Terobos Banjir Demi Salurkan Bantuan Untuk Warga

Ruksamin juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh umat beragama atas dukungan, sinergi dan kebersamaanya dalam mengawal tugas-tugas Kementrian Agama tanpa membedakan satu sama lain.

“Manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termaksud didalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umroh. Pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan harus terus ditingkatkan,” harapnya.

Selain itu, penguatan moderasi keagamaan merupakan salah satu penekanan modersi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan.

Makanya, lanjut Mantan Ketua DPRD Konut ini, rasa persaudaraan yang meliputi marwah persaudaraan umat seagama, memihara peraudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan harus terus ditingkatkan.

BACA JUGA :  Dugaan Sertifikat Terbit Diatas Pencadangan Transmigrasi Mencuat, DPRD Konut Didesak Bentuk Pansus

“Saya mengajak untuk tetap mengedepankan akal sehat dan hikmah atau kebijaksanaan dalam menyikapi berbagai persoalan ┬ákeumatan dan kebangsaan saat ini maupun di masa-masa yang akan datang,” terangnya.

Dalam upacara HUT Amal Bakti itu dilanjutkan dengan penyematan karya satya lancana oleh Bupati Ruksamin bersama dengan Kpala Kementerian Agama Konut, Siti Mardawiah Kasim kepada 10 orang pegawai Depag setempat.(cr1)

Komentar