Kementrian Kominfo Bakal Gulirkan Super Wifi, Khusus Desa Blank Spot di Konawe Utara

Daerah21 Dilihat

Ilham, S.Ip

Konut – Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) bakal memberikan bantuan super wifi pada 10 desa yang ada diwilayah Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Informasi itu disampaikan oleh Kepala Bidang Informatika Dinas Kominfo Konut, Ilham. “Bila tak ada hambatan, ada 10 desa yang akan mendapatkan bantuan pilot projek super wifi dari Kementrian Kominfo,”ujar Ilham, (7/10/2020).

Alumni Faklutas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Halu Oleo itu, menjelaskan, bantuan super wifi tersebut tak lepas dari upaya pemerintah kabupaten dalam memaksimalkan jaringan komunikasi internet.

BACA JUGA :  Direktur Explor Anoa Oheo Sebut Konut Darurat Narkoba

Terutama wilayah yang masuk area blank spot. “Bulan November tahun ini, pilot projek super wifi akan direalisasikan,”sambung mantan Kabid Komunikasi.

Ilham melanjutkan, teknologi super wifi yang masuk dalam pilot projek kementrian itu, merupakan teknologi via satelit dengan perangkat tiang monopole dan antena sektoral.

“Dengan jangkauan sinyal mencapai 500 meter dari titik pemasangan,”katanya.

BACA JUGA :  Barisan Muda Ikbar Sukses Gelar Turnamen E-Sports Mobile Legend, 24 Tim Ikut Ambil Bagian

Adapun 10 desa yang akan mendapatkan bantuan super wifi meliputi. Kelurahan Bende Kecamatan Motui, Kelurahan Sawa, Desa Puupi Kecamatan Sawa, Desa Toreo dan Kampoh Bunga Kecamatan Wawolesea, Desa Tadoloiyo Trans, Samandete, Paka Indah Kecamatan Oheo, Desa Walalindu Kecamatan Asera, serta Kelurahan Langgikima Kecamatan Langgikima.

“Usulan ini telah diajukan melalui Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Kementrian Kominfo. Insya allah, di November 2020 ini direalisasikan,”tegas Ilham. (Cr2)

Komentar