Dinas Perpustakaan dan Arsip Konut Ikuti Program Akreditasi

Daerah, Konawe Utara32 Dilihat

KONAWE UTARA – Dinas Perpustakaan Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), sukses ikuti program akreditasi.

Kepala Dinas Perpustakaan Konut, Sairham mengatakan, program akreditasi dilangsungkan secara nasional oleh Perpustakaan Pusat.

Untuk Dinas Perpustakaan Kabupaten Konut, kata Sairham telah merampungkan segala berkas admistrasi dan dokumentasi yang syaratkan untuk Peroleh predikat akreditasi.

“Ada 9 poim kompenen yang menjadi syarat untuk program akreditasi antara lain, fasilitas sarana dan prasarana sampai dengan Sumber Daya Manusia nya,”ungkap Sairham, Kamis (8/6/2023).

BACA JUGA :  Nestapa Nelayan di Konut, Direktur EXOH : Rakyat Dibuat Susah

“Kami menindak lanjuti surat dari Dinas Perpustakaan Provinsi. Alhamdulillah semua selesai dan telah kita ajukan beberapa waktu lalu,”sambungnya.

Mantan Sekwan Konut ini menjelaskan, nilai positif jika terakreditasi, selain semakin maju juga dapat peroleh bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat.

BACA JUGA :  Telan Anggaran Rp631,5 Juta, Direktur Eksekutif Explor Anoa Oheo Tantang Kejati dan Polda Sultra Periksa Proyek Peningkatan Jalan di Desa Bungguosu Konut

“Memang disyaratkan eemua Perpustakaan se-Indonesia harus terakreditasi. Dan dana DAK tidak bisa terakses kalau belum terakreditasi, dan bantuan lainnya,”ujarnya.

Diamenambahkan, Untuk Dinas Perpustakaan Konut menargetkan akreditasi B.

“Penilaian akreditasi dilakukan langsung oleh tim akreditasi Perpustakaan Nasional bertempat di provinsi. Kami optimis bisa meraih akreditasi,” yakinnya

Redaksi

Komentar