Penuhi Swasembada Daging, Ratusan Ekor Sapi di Muna Dikirim ke Kaltim

Daerah, Muna34 Dilihat

MUNA – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Muna, melepas 400 ekor sapi ternak untuk dikirim ke Kalimantan Timur (Kaltim), yang terdiri dari 370 ekor sapi bibit dan 30 ekor sapi potong.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Muna, Lumbang Gaul menerangkan, ratusan ekor sapi yang dikirim itu merupakan pesanan dari Dinas Peternakan di Kaltim untuk memenuhi kebutuhan swasembada daging.

“Mereka tertarik karena sapi dari Muna sehat sehat. Kualitasnya diakui untuk mendukung swasembada daging nasional,” ujar Lumbang Gaul saat melepas pengiriman sapi di Pelabuhan Nusantara Raha, Jumat (16/12/2022).

BACA JUGA :  Barisan Muda Ikbar Sukses Gelar Turnamen E-Sports Mobile Legend, 24 Tim Ikut Ambil Bagian

Kata dia, kondisi kesehatan sapi ternak di Muna sangat terjaga. Jika di wilayah lain banyak terdapat sapi yang berpenyakit karena sebaran virus, di Muna belum terdapat sapi dengan kasus tersebut. Seluruh sapi ternak yang ada telah divaksinasi dan dikarantina sebelum pengiriman.

“Seluruh wilayah terkena wabah penyakit PMK. Alhamdulillah muna tdk masuk. Semua ternak divaksinasi. Kesehatan ternak sangat diperhatikan,” sebutnya.

BACA JUGA :  Buka Puasa Bersama Ribuan Warga Konawe, Ruksamin Sebut Selaras "Rumah" Seluruh Masyarakat Sultra

Sementara itu, Ketua DPRD Muna, Irwan Rata mengatakan, untuk kedepannya populasi sapi ternak mesti ditingkatkan. Sebab, potensinya dapat memberikan mafaat yang besar bagi daerah.

“Prospeknya ternyata sangat bagus. Kita akan gelontorkan anggaran untuk meningkatkan produksi bibit sapi,” katanya.

“Potensi ini kita abaikan, ternyata bermanfaat yang lebih besar bagi daerah,” timpalnya.

Laporan : Erwino

Komentar