Pemda Konsel Lestarikan Budaya Lokal Senam Tari Lulo Kreasi

Pariwisata21 Dilihat

KONAWE SELATAN – Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), melestarikan budaya lokal tari lulo kreasi dengan iringan lagu daerah bahasa tolaki.

Pejabat (Pj) Bupati Konsel, Andi Tenri Rawe Silondae mengungkapkan, pelestarian budaya lokal merupakan wujud menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap adat dan seni yang diwariskan para leluhur.

“Tari dan lagu daerah merupakan kekayaan warisan budaya leluhur yang wajib dilestarikan,” ujarnya, Jumat 9 April 2021.

BACA JUGA :  Anton Timbang dan Hugua Bersama Sutradara Asal Belanda Jadikan Wakatobi Pusat Industri Film Dunia

Andi Tendri menjelaskan, bahwa daerah Konsel mayoritas dihuni oleh suku Tolaki. Untuk itu, senam tari lulo kreasi itu hendaklah diiringi oleh lagu daerah ditempat itu.

“Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Karena mayoritas suku Tolaki, maka sebaiknya diiringi lagu mayoritas suku kita. Lain halnya di tempat lain, tentu kita akan mengikuti adat dan budaya setempat,” jelasnya.

Selain itu, senam tari lulo kreasi itu bergerak mengikuti irama yang akan menjadikan jasmani sehat dan menumbuhkan semangat nasionalisme yang tinggi.

BACA JUGA :  Anton Timbang dan Hugua Bersama Sutradara Asal Belanda Jadikan Wakatobi Pusat Industri Film Dunia

“Tujuan lainnya yakni memasyarakatkan olahraga dan mendekatkan diri kepada masyarakat,” tutupnya.

Untuk informasi, senam tari lulo kreasi itu sebagai kenangan dari para instruktur senam Konsel, serta sebagai jawaban permintaan dan harapan Pj. Bupati Konsel saat mengikuti senam bersama di Rujab Bupati beberapa pekan lalu.

Laporan : Izhar

Komentar