Petani Cengkeh di Bombana Keciprat Herbisida

Daerah263 Dilihat

BOMBANA – Petani cengkeh di Kabupaten Bombana Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), keciprat herbisida dari Dinas Pertanian setempat.

Bantuan diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Bombana melalui Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan, Rimbu dan diterima ketua kelompok tani Bunga Sejahtera, Ahmad Lukas, di kediamannya Senin 5 April 2021.

Kepala bidang Perkebunan Distan Bombana, Rimbu mengungkapkan, jika kemajuan petani di wonua Bombana menjadi hal yang perlu ditingkatkan dan diberikan pembinaan.

Dengan harapan, lanjut Rimbu, petani dapat menumbuh kembangkan hasil pertanian sesuai dengan yang diharapkan. Bukan hanya dalam bentuk dukungan tetapi pemberian suplai obat perangsang buah, pembasmi hama dan pemberian vitamin yang sesuai kebutuhan tanaman utamanya cengkeh.

BACA JUGA :  PT Indonusa Arta Mulya Diduga Fasilitasi Keluarnya Ore nikel Ilegal di Pit 90

“Untuk petani cengkeh idealnya memiliki lahan setengah hektar untuk diolah. Jadi 20 orang lahannya menjadi 10 hektare,” ujarnya.

Kata Rimbu, pemberian bantuan tersebut juga bertujuan meningkatkan produktivitas dan memberikan motivasi kepada petani agar terus menjadi corong kemajuan pertanian.

“Saya berharap bantuan ini dimanfaatkan dengan baik, jangan ada yang jual. Kalau itu terjadi maka kami tidak akan memberikan batuan selanjutnaya,” tegasnya.

BACA JUGA :  Telan Anggaran Rp631,5 Juta, Direktur Eksekutif Explor Anoa Oheo Tantang Kejati dan Polda Sultra Periksa Proyek Peningkatan Jalan di Desa Bungguosu Konut

Sementara itu, Ketua kelompok tani Bunga sejahtera, Lukas mengatakan, anggota kelompok tani sebanyak 20 orang, dan memiliki luas lahan kurang lebih 10 hektare yang ditanami cengkeh yang juga bibitnya bersumber dari Distan Bombana.

“Saya sebagai ketua kelompok merasa senang Pemda Bombana terkhusus Distan memperhatikan kami yang petani cengkeh. Saya sebagai ketua kelompok sangat terbantu dengan adanya bantuan ini,” imbuhnya.

Laporan : Muis

Komentar