Di Konut Terdapat 44 Titik Kawasan Kumuh

Daerah272 Dilihat

Konasaranews.com, Konut – Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), mencatat jika saat ini terdapat 44 titik kawasan kumuh di daerah itu.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Konut, Azis Muslim mengatakan, berdasarkan Surat Keputusan Bupati untuk Konawe Utara terdapat 44 titik kawasan kumuh.

“Pertama itu di Tanjung Bunga kemarin yang kita tangani, tapi itu tingkat kekumuhannya belum hilang di sana,” kata Azis Muslim, Senin (18 Januari 2021).

BACA JUGA :  PT Indonusa Arta Mulya Diduga Fasilitasi Keluarnya Ore nikel Ilegal di Pit 90

Untuk mengatasi hal tersebut, lanjut Azis Muslim, instansi yang dipimpinnya menargetkan setiap tahunnya lima sampai sepuluh titik kawasan kumuh dapat ditangani.

“Tahun ini kita programkan untuk lanjutkan kegiatan. Saya punya target itu 5 sampai 10 titik per tahun, hanya kemarin ada perubahan sistem perencanaan kita ke SIPD nda seperti tahun kemarin,” ujarnya.

“Sehingga kegiatan seperti kemarin tidak masuk dicantrongan SIPD. Tapi tetap kegiatannya kita lakukan, mungkin nanti diperubahan anggaran nama programnya diusulkan supaya gampang direncanakan,” lanjutnya.

BACA JUGA :  Ruksamin Terobos Banjir Demi Salurkan Bantuan Untuk Warga

Kata dia, 44 titik kawasan kumuh tersebar pada 13 kecamatan di Konawe Utara. Indikator munculnya kawasan kumuh di Bumi Oheo adalah kondisi perumahan warga, sanitasi, jamban keluarga, air bersih.

“Ada 7 indikator yang ditetapkan oleh Kementerian. Kita target lima tahun ke depan sudah tuntas ini. Tapi harus ditopang dengan anggaran,” tutupnya.

Komentar