DPPKB Konut Gelar Workshop Sosialisasi dan Informasi Sistem Pencatatan dan Pelaporan

Daerah38 Dilihat

Pjs. Bupati Konut, Yusuf Mundu saat membuka workshop sosialisasi dan informasi sistem pencatatan yang digelar Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Foto, K.News

Konut,- Pjs Bupati Konawe Utara, Yusuf Mundu membuka kegiatan workshop sosialisasi dan informasi sistem pencatatan dan pelaporan bagi petugas lapangan (PLKB), PPKBD dan mitra kerja dalam pelayanan KB gratis serta pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak di masa pandemi.

Kegiatan tersebut digelar oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Konut, di Aula Graha Kencana Konasara, yang dihadiri Pjs Bupati Konut, Yusuf Mundu, (21/10/2020).

Pjs Bupati Konut mengatakan, jika Pemerintah Daerah Konawe Utara, melihat program kependudukan dalam pembangunan keluarga berencana. Merupakan indikator penting, dalam meletakkan dasar yang kuat, untuk menjaga dan menjawab tantangan dalam pembangunan sumber daya manusia.

BACA JUGA :  Telan Anggaran Rp631,5 Juta, Direktur Eksekutif Explor Anoa Oheo Tantang Kejati dan Polda Sultra Periksa Proyek Peningkatan Jalan di Desa Bungguosu Konut

“Program Kependudukan dan Keluarga Berencana, merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk membentuk SDM yang tangguh. Demi mewujudkan pertumbuhan penduduk yang seimbang dan berkualitas, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Konawe Utara,”kata Yusuf Mundu.

Menurutnya, suksesnya program kependudukan dan keluarga berencana tidak terlepas dari dukungan dari pemerintah daerah, partisipasi dari berbagai pihak, serta peran seluruh kader penyuluh KB dan lapisan masyarakat yang turut serta menyukseskan program yang telah di canangkan oleh pemerintah daerah.

“Sehingga, kami berharap melalui kegiatan Workshop ini. Pelaksanaan pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana di Kabupaten Konawe Utara dapat berjalan dengan baik.

BACA JUGA :  PT Tiran Indonesia Serahkan 10 Ton Beras Untuk Korban Banjir di Konut

Sementara itu, Kepala DPPKB Konut Kasim Pagala mengatakan, workshop pencatatan dan pelaporan tersebut merupakan salah satu hal yang penting, dalam melaksanakan seluruh kegiatan di Dinas Pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana.

Menurutnya, apapun yang dikerjakan tanpa pencatatan dan pelaporan yang baik, maka program tersebut akan sia-sia. Terlebih lagi, saat ini sudah menggunakan sistem online, jadi semua data langsung terkoneksi di BKKBN pusat. Sehingga pencapaian program di DPPKB Konut sudah terpantau oleh pusat.

“Alhamdulillah, dengan kerja yang maksimal semua PLKB dan kader di lapangan yang tersebar di 13 kecamatan, saat ini laporan pencatatan dan pelaporan bulan Oktober sudah mencapai 80 persen,”ujar H. Kasim Pagala. (cr2)

Komentar