Menengok Gebrakan Djunaedi Dalam Menahkodai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Konawe Utara

Advetorial30 Dilihat

-Bawah Mobil Perpustakaan Keliling Sekolah Dengan Tujuan Meningkatikan Minat Baca Murid-

KONAWE UTARA – Pembangunan sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), tidak hanya menjadi beban dan tanggungjawab oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat.

Namun, seluruh stakeholder di daerah itu turut ambil bagian. Tak terkecuali oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Konawe Utara.

Dinas dibawah komando Kepala Dinasnya, Djunaedi tak tinggal diam mendukung perkembangan SDM di Konawe Utara.

Hal tersebut dibuktikan dengan menyertakan mobil perpustakaan kelilingnya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Konut turun lapangan menyambangi sekolah di daerah itu, salah satunya adalah SD 5 Oheo.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Konut, Djunaedi mengatakan, kunjungan kerja dilakukan untuk melihat langsung ketersediaan sarana dan prasarana baca di sekolah-sekolah.

Lain dari itu, lanjut Djunaedi, tim Dinas Perpustakaan dan Kearsipan juga memberikan motivasi dan edukasi kepada para siswa sekolah untuk meningkatkan minat baca.

“Sektor pendidikan merupakan salah satu program skala prioritas pemerintah Konawe Utara untuk membangun generasi cerdas, berkualitas dan berdaya saing. Sehingga kami terus membangun program yang mendorong kemajuan dunia pendidikan generasi penerus,” kata Djunaedi.

BACA JUGA :  Diskominfo Konut Gelar Bimtek Pemanfaatan Teknologi Informasi Bagi Kader PKK, Wakil Bupati Bilang Begini

Selain kunker, tim Dinas Perpustakaan Konut juga lakukan layanan perpustakaan keliling dengan menurunkan fasilitas mobil perpustakaan dilengkapi dengan berbagai buku-buku bacaan.

“Kita maksimalkan program kerja untuk bagaimana mengedukasi para siswa pelajar di sekolah, khususnya tingkat SD untuk meningkatkan semangat membaca buku. Jadi kita siapkan sarananya,” ucapnya.

Djunaedi menerangkan, secara bertahap tiap-tiap sekolah dikunjungi dengan membawa berbagai macam buku pelajaran yang dibutuhkan para siswa.

Sesampainya disekolah, tim memberikan pengarahan dan sosialisasi untuk meningkatkan minat membaca buku para siswa.

Selanjutnya, memberikan ruang dan waktu para siswa untuk memilih buku pelajaran yang diminati.

“Ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan semangat membaca buku para siswa. Serta mendorong kualitas generasi penerus agar lebih maju dan berdaya saing,” ujarnya.

BACA JUGA :  Pemkab Konut dan Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga Surabaya Jalin Kerjasama Pendidikan

Program yang dijalankan Dinas Perpustakaan ini mendapat banyak respon baik dari semua pihak. Para pelajar antusias menyambut kedatangan tim perpustakaan keliling.

Para siswa juga lengkap memadati mobil perpustakaan keliling, mendengar arahan dan memilih buku yang di minati. Selanjutnya, dibaca secara bersama-sama.

Pihak sekolah, diantaranya SDN 5 Oheo yang dikunjungi memberikan apresiasi atas peran dari dinas Perpustakaan Konut yang dinilai peduli terhadap kemajuan ilmu pengetahuan siswa.

“Alhamdulillah kami sangat bersyukur adanya program perpustakaan keliling. Ini sangat membantu kami pihak sekolah untuk mendorong dan menambah wawasan para siswa meningkatkan ilmu pengetahuan,” ungkapnya.

Program perpustakaan keliling terus dilaksanakan dan menjadi salah satu program prioritas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Konut.

“Kami terus berkomitmen mendorong pengembangan dunia pendidikan melalui program-program dinas perpustakaan,” katanya.

“Selain itu kami juga terus mengembangkan sarana dan prasarana sebagai penunjang kerja kita di lapangan agar lebih baik dan maksimal,” tutupnya.

Laporan : Mumun

Komentar