Warga Muna Apresiasi Baksos Sunatan Gratis KKSS Sultra

Daerah, Muna48 Dilihat

MUNA – Warga Kabupaten Muna antusias mengikuti pemeriksaan, pengobatan dan sunatan massal gratis yang digelar Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dilaksanakan di Alun-alun Kota Raha, Kecamatan Katobu, Kabupaten Muna, Jumat 22 September 2023.

Ketua KKSS Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Mayor jenderal TNI (Purn) Andi Sumangerukka (ASR) menghadiri dan memantau langsung jalannya pelaksanaan bakti sosial (Baksos) tersebut.

Nampak mantan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIV/Hasanuddin itu menyapa para masyarakat yang datang peserta di Baksos tersebut. ASR juga terlihat menyemangati satu persatu anak-anak usia dini yang akan menjalani sunatan massal gratis KKSS Muna itu.

“Kegiatan sosial ini menyasar kepada masyarakat kita yang tidak memiliki BPJS, sehingga kita memfasilitasi mereka-mereka yang berkeinginan melakukan pemeriksaan atau pengobatan dan sunat,” kata ASR.

BACA JUGA :  Direktur Explor Anoa Oheo Sebut Konut Darurat Narkoba

ASR mengungkapkan, baksos berupa pengobatan dan sunatan massal gratis ini rencananya akan melayani sekitar 200 warga. Namun melihat animo masyarakat yang cukup besar, maka penambahan pelayanan mesti dilakukan.

“Batasannya tergantung obat yang kita siapkan, pasti semua yang datang kita akomodir. Kalau animonya terus bertambah, kita upayakan terus memfasilitasi, karna apapun itu merupakan bagian dari tanggungjawab kita,” ujarnya.

Tidak sekedar pemeriksaan, pengobatan dan sunatan massal gratis. Mendapatkan informasi jikalau ada salah seorang warga Muna yang tak mampu menanggung biaya rujukan, ASR mengambil alih. Biaya rujukan ditanggung olehnya.

BACA JUGA :  PT Indonusa Arta Mulya Diduga Fasilitasi Keluarnya Ore nikel Ilegal di Pit 90

“Karna keterbatasan dia tak mampu untuk dirujuk. Nah ini kita fasilitas untuk dirujuk ke Kendari, kalau seandainya nanti di Kendari tidak bisa juga, maka kita rujuk ke Makassar,” timpal Ketua DPW PPP Sultra itu.

Ani salah seorang peserta baksos mengaku, terbantu dengan baksos yang digelar BPD KKSS Sultra itu. Pasalnya dirinya yang tak terdaftar dalam BPJS tak perlu lagi merogoh kocek untuk berobat.

“Alhamdulillah kita bisa cek kesehatan dan langsung berobat dengan cuma-cuma, terimakasih banyak untuk bantuannya ini,” kata ibu rumah tangga tersebut saat ditemui usai mengikuti baksos KKSS Sultra.

Laporan: Wino

Komentar