KPU Butur Gelar Uji Publik Pembagian Dapil dan Jumlah Kursi Anggota DPRD

Politik47 Dilihat

BUTON UTARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), melaksakan uji publik tentang rancangan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat pada pemilu 2024 mendatang.

Uji publik digelar di salah satu hotel di Buton Utara, Minggu (11/12/2022) dihadiri oleh Ketua Bawaslu, pengurus Partai Demokrat, PDIP, PKB, PKS, PPP, dan Nasdem serta Disdukcapil, dam Kesbangpol.

Koordinator Teknis KPU Butur, Muhammad Sairman Sahadia mengatakan, jika BPPD merupakan jumlah penduduk (DAK2) atau jumlah kursi. Di mana penduduk 70.337 jiwa dan jumlah kursi DPRD mencapai 20.

“Adapun tentang rancangan untuk dapil Butur itu, kami sudah melakukan pemberitahuan tentang rancangan dapil. KPU Butur itu memberikan dua opsi tentang dapil Buton Utara sesuai jadwal tahapan dari KPU RI,” katanya.

BACA JUGA :  Dapat Restu 4 Partai Politik, Ruksamin Mantapkan Diri Maju Pilgub Sultra 2024

Opsi satu itu, lanjutnya, mengenai dapil yang akan dibagi menjadi tiga, yaitu dapil I terdiri dari Kecamatan Kambowa, Bonegunu dan Kulisusu Barat dengan jumlah kursi tujuh. Dapil II terdiri Kecamatan Wakorumba Utara dan Kulisusu Utara terdapat 5 Kursi, dan untuk dapil III Kulisusu induk adalah 8 kursi.

Sementara opsi kedua adalah dapil I terdiri dari Kecamatan Kambowa dan Bonegunu dengan jumlah kursi lima, dapil II terdiri dari Kecamatan Kecamatan Wakorumba Utara sebanyak lima kursi dan untuk dapil III yang terdiri Kecamatan Kulisusu dan Kulisusu Barat menjadi 10 Kursi.

BACA JUGA :  Pilkada Konut 2024 Tanpa Calon Perseorangan

“Semua masukan baik dari parpol maupun dari lembaga dan personal tentang rancangan penetapan daerah pemilihan dan alokasi kursi DRPD Butur itu semua setuju akan rancangan dengan opsi satu,” ujarnya

“Sesuai tahapan, kami akan konsultasi dan memberikan jawaban tentang uji publik ini ke KPU RI melalui KPU Butur bahwa semua parpol, lembaga, dan personal itu semua menginginkan rancangan pada opsi satu. Dan pada 17 Desember kami akan berkonsultasi ke KPU RI untuk menfinalisasi mengenai rancangan dapil,” tutupnya.

Laporan : Safrudin Darma

Komentar