EXPO UMKM Hari Nusantara 2022 Resmi Dibuka

Pariwisata49 Dilihat

WANGI-WANGI – Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM, Nurul Ichwan secara resmi membuka Expo UMKM pada acara peringatan Hari Nusantara 2022, Minggu, (11/12/2022) malam.

Pada kegiatan berskala Nasional itu dihadiri Bupati Wakatobi, Haliana bersama unsur Forkopimda setempat. Juga terlihat Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse. Serta perwakilan kepala daerah dan instansi vertikal baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun pusat di seluruh Indonesia.

Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi yang diwakili Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, La Ode Saifuddin dalam sambutannya menyampaikan, rasa terimakasih yang sebesar-besarnya atas perhatian pemerintah pusat, melalui Kementerian Investasi selaku panitia pusat, atas penunjukan Wakatobi sebagai tuan rumah penyelenggaraan Hari Nusantara 2022.

“Perlu saya sampaikan, bahwa pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2022 yang ditempatkan di Wakatobi sangat sesuai dengan semangat pengarusutamaan pembangunan kemaritiman sebagai agenda nasional, karena wakatobi merupakan representasi dari wilayah kepulauan yang dimiliki Sultra,” kata Gubernur dalam keterangan tertulisnya.

BACA JUGA :  Anton Timbang dan Hugua Bersama Sutradara Asal Belanda Jadikan Wakatobi Pusat Industri Film Dunia

Dikatakan, Sultra memiliki sedikitnya 459 pulau-pulau dengan terumbu karang di bawah laut yang sangat indah. Perairannya begitu kaya dengan potensi perikanan dan kelautan lainnya. Semua potensi tersebut harus dijaga dan dioptimalkan pemanfaatannya demi kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, dalam sambutannya, Deputi Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Nurul Ichwan mengungkapkan dalam Expo UMKM, pihaknya juga menyiapkan layanan bagi UMKM untuk menerbitkan Nomor Induk Berusaha secara online.

“Pada Expo ini kami mempersilakan masyarakat Wakatobi dan Sulawesi Tenggara secara umum untuk datang ke stand Kementerian Investasi untuk diterbitkan NIB-nya,” kata Nurul Ichwan.

BACA JUGA :  Anton Timbang dan Hugua Bersama Sutradara Asal Belanda Jadikan Wakatobi Pusat Industri Film Dunia

Sekadar diketahui, NIB merupakan identitas yang wajib dimiliki oleh pelaku usaha, dan menjadi penanda bahwa usaha itu bankable untuk mendapatkan pinjaman modal dari perbankan.

Penyelenggaraan Expo UMKM ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Provinsi Sultra melalui Dinas Pariwisata dengan Kementerian Investasi/BKPM dan Pemkab Wakatobi. Expo ini diharapkan menjadi stimulan bagi industri ekonomi kreatif yang menopang kepariwisataan.

Usai seremoni pembukaan, Nurul Ichwan berkeliling stand dengan didampingi Bupati Wakatobi dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sultra La Ode Saifuddin. Saat berada di stand Pemprov Sultra, Nurul Ichwan terlihat sangat antusias melihat motif-motif kain tenunan khas Sultra yang dipamerkan.

Laporan : To

Komentar