Pemdes Ranooha Lestari Kembangkan Budidaya Ikan Lele 

KONAWE SELATAN – Dalam upaya mendukung program pemulihan Ekonomi kemasyarakaran dimasa Pandemi global Covid-19, Pemerintah Desa Ranooha Lestari Kecamatan Buke Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) mengembangkan Budidaya Ikan Lele dengan media terpal.

Kepala Desa (Kades) Ranooha Lestari Hasriyanti Amk, menjelaskan budidaya ikan lele merupakan program ketahanan pangan yang telah disepakati masyarakat dalam Musyawarah Desa (Musdes). Dimana program itu dinilai dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Untuk dana pengembangan budidaya ikan lele ini, dananya bersumber dari anggaran Dana Desa,” ujar Hasriyanti saat ditemui media ini kemarin. Rabu, 13 April 2022.

BACA JUGA :  Barisan Muda Ikbar Sukses Gelar Turnamen E-Sports Mobile Legend, 24 Tim Ikut Ambil Bagian

Dimana lanjut Hasriyanti, mengatakan penyediaan program ketahanan pangan dan hewani untuk masyarakat miskin dan keluarga penerima BLT sebesar 20 persen dari DD.

“Sesuai arahan kebijakan Bupati Konsel terhadap belanja DD agar mendorong dan memprioritaskan sektor produktif dengan mengembangkan budidaya tanaman unggulan yang berorientasi ekspor atau telah memiliki pasar,” terangnya.

Untuk mendukung hal itu, kata Hasriyanti menjelaskan pihaknya telah mengadakan pengadaan terpal dan pakan pada DD tahap pertama ini.

BACA JUGA :  Pastikan Bersih Dari Narkoba, PT BSJ Gelar Kegiatan Tes Urine Seluruh Karyawan

“Program ini sudah mulai action, ditahap pertama ini media terpalnya,bibit dan pakan sudah dibagikan ke 50 Kepala Keluarga (KK) di masing-masing dusun,” bebernya.

Sementara untuk program pembangunan infrastruktur tambah dia, pihaknya focus pada pengembangan dan pembangunan kolam Wisata Ranooha.

“Untuk infrastruktur kami kembali focus pada pengembangan wisata buatan ranooha lestari,” tutupnya.

Laporan: Ken

Komentar