Sambut Hari Bakti Pemasyarakatan, Seluruh Ruangan di Lapas Kelas IIA Kendari Diperiksa

Hukum29 Dilihat

KENDARI – Dalam rangka menyambut hari bakti pemasyarakatan ke 57, setiap ruangan di Lapas Kelas IIA Kendari di inspeksi mendadak (sidak) guna meraziah handphone dan narkotika, Kamis 8 April 2021.

Sidak yang melibatkan TNI/Polri dan BNN Provinsi Sultra. Selain itu, tim juga melakukan penggeledahan di setiap sudut ruang yang dianggap sebagai titik rawan penyimpanan narkotika.

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Kendari, Abdul Samad menjelaskan, tujuan utama dari pengeledahan tersebut berupa barang terlarang dan handphone.

BACA JUGA :  Diduga Cemari Laut, Tongkang Yang Karam di Konservasi TWAL Labengki Diadukan ke Polda Sultra

Namun, yang ditemukan alat-alat yang dapat membahayakan warga binaan pada saat razia langsung diamankan yang selanjutnya bakal dimusnahkan.

“Utamanya tadi kita fokus pada Narkotika dan handphone, kalau barang berupa korek Api, Kabel, yang menjadi alat-alat tajam itupun barang tajamnya masih dalam standar, dan itu masih wajar,” ungkapnya.

Menurutnya, sidak dan razia yang digelar di Lapas Kelas IIA Kendari rutin digelar sebagai strategi penerapan pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

BACA JUGA :  Polres Konut Amankan 124,08 Gram Narkoba dan 10 Tersangka, Terdapat Kelompok Asal Medan

Upaya tersebut, tambah Abdul Samad, untuk menciptakan kondisi Lapas yang aman, kondusif dari peredaran Narkotika serta untuk mengurangi persepsi  negatif dari pihak masyarakat.

“Pihak Lapas mengadakan penggeledahan lebih teransparan dan dibantu dari pihak terkait, dan melakukan penggeledahan di setiap sudut ruang yang dianggap sebagai titik rawan penyimpanan Narkotika,” tutupnya.

Laporan: Aldi R

Komentar