Pelsus PT IBM Diduga Belum Kantongi Izin

Daerah258 Dilihat

Konasaranews.com, Konut – Pelabuhan khusus (pelsus) atau jetty PT Indra Bekti Mustika (IBM) di Desa Lameruru Kecamatan Langgikima, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), diduga tak mengantongi izin.

Dugaan tersebut dilontarkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Konut, Aris L saat dikonfirmasi sejumlah awak media di pelataran kantor Bupati setempat, Senin (15 Maret 2021).

“PT IBM saya belum tau persis itu. Itu kayaknya belum ada (izinnya red),” ujar Aris L.

Kata Aris L, kendati pihak perusahaan telah mengantongi pertimbangan teknis dari Dinas Perhubungan, namun tidak serta merta langsung bisa melakukan aktivitas.

BACA JUGA :  Dugaan Sertifikat Terbit Diatas Pencadangan Transmigrasi Mencuat, DPRD Konut Didesak Bentuk Pansus

“Kalau kita mengacu aturan sebenarnya, walau sudah ada pertimbangan teknis dari Dishub tidak bisa melakukan aktivitas. Harus ada izin dari Kementerian,” katanya.

“Berdasarkan rekomendasi yang kami keluarkan dari dinas, dasar itu diajukan ke provinsi. Provinsi baru dia teruskan ke Kementerian, barulah lahir izin,” sambungnya.

Jika perusahaan melakukan aktivitas, lanjut Aris L, sebelum terbitnya izin dari Kementerian maka itu adalah sebuah pelanggaran.

“Itu pelanggaran. Sikap kita kalau kita mau paksakan berdasarkan aturan itu nda boleh ada melakukan aktivitas,” ucapnya.

BACA JUGA :  Ruksamin Terobos Banjir Demi Salurkan Bantuan Untuk Warga

Aris L membantah adanya indikasi pembiaran yang dilakukan oleh instansinya tanpa ada tindakan tegas yang dilakukan.

“Bukan berarti kita ada pembiaran. Hanya persoalannya ketika kita turun, kita tidak pernah temukan. Nanti lagi kita tidak ada di lapangan, ada lagi aktivitas,” belanya.

“Artinya pas kita ada di sana ada aktivitas, pasti kita lakukan teguran atau setidaknya berhenti dulu,” tutupnya.

Hingga berita ini ditayangkan, awak media masih mencoba mengkonfirmasi pihak PT IBM terkait dugaan tersebut.(cr1)

Komentar