DD APBN 2020 di Desa Labungga Konut Kedepankan Pemberdayakan Masyarakat

Daerah28 Dilihat

Konasaranews.com, Konut – Pemerintah Desa Labungka Kecamatan Andowia Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengedepankan swadaya masyarakat dalam pelaksanaan anggaran dana desa (DD) APBN tahun 2020.

Kepala Desa Labungga Maleha mengatakan, total dana desa yang diterima pada tahun 2020 sebesar Rp780 juta.

“DD 2020 lampu jalan sebanhak 174 tiang dan dikerjakan secara swadaya oleh masyarakat,” katanya, Rabu (24 Februari 2021).

BACA JUGA :  Direktur Explor Anoa Oheo Sebut Konut Darurat Narkoba

Menurutnya, mulai dari perakitan, tukang las dan pemasangan lampu jalan yang melakukan adalah masyarakat Deda Labungga.

“Kami pemdes hanya menyiapkan pipa besi dan bahan lampunya. Ada juga dana shering pansimas Rp35 juta dan penanganan Covid-19, BLT ada 92 kepala keluarga,” ujarnya.

Sementara, untuk tahun 2021 masyarakat mengusulkan pengadaan gabus. Mengingat desa yang dipimpinnya sering kali kebanjiran.

“Kami berada dipinggir sungai yang rawan banjir. Jadi mereka usulkan untuk pembuatan pincara, ini kesepakatan masyarakat. KK di sini ada 238. BLT Covid-19 juga tetap kita anggarkan,” terangnya.

BACA JUGA :  Nestapa Nelayan di Konut, Direktur EXOH : Rakyat Dibuat Susah

Dirinya menambahkan, untuk penerangan lampu jalan pihaknya tak ingin membebankan pulsa listrik kepada warganya. Sehingga dia pun berinisiatif menganggarkan pembelian pulsa dan KWH khusus lampu jalan.

“Masyarakat tidak perlu terbebani lagi. Semua pemerintah siapkan,” tutupnya.(cr1)

Komentar