Perpusnas RI Apresiasi Kinerja Bupati Surunuddin Dalam Pengembangan Transformasi Perpustakaan

KONAWE SELATAN – Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI), mengapresiasi kinerja Bupati Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga dalam mendukung literasi pengembangan perpustakaan melalui Transformasi Perpustakaaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS).

Apresiasi itu disampaikan Kepala Perpusnas RI, Muhammad Syarif Bando melalui Kepala Deputi Penguatan SDM Perpustakaan, Adin Bondar Pasaribu saat menghadiri pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten dan Kecamatan di Auditorium kantor Bupati Konsel, Selasa, (13/12/2022).

“Tentunya kami juga berbangga hati kepada kinerja dan kebijakan-kebijakan Bupati dalam mendukung penguatan TPBIS di Konawe selatan,” ujar Adin.

Gagasan dan dedikasi Bupati Surunuddin ini, kata Adin dinilai sangat mendukung pemgembangan edukasi literasi dan minat baca masyarakat.

“Jadi sangat wajar beliau kami ganjar reward sebagai Nugra jasa pustaka loka,“ janji dia.

Olehnya itu, Adin mengajak seluruh masyarakat maupun sektor terkait untuk mendukung program bupati konse dalam pengembangan SDM masyarakat.

BACA JUGA :  Direktur Explor Anoa Oheo Sebut Konut Darurat Narkoba

“Selain reward Perpusnas RI juga kedepan bakal menggelontorkan dana pembangunan perpustakaan berbasis internasional di Konsel, jadi kami tinggal menunggu usulan dari Pemda Konsel untuk merealisasikan itu,” tegasnya.

Menanggapi hal itu, Bupati Surunuddin mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Perpusnas RI. Menurut dia kinerja yang dilakukan itu bukan semata-mata mencari reward. Melainkan sudah menjadi tugas sebagai pimpinan Daerah.

“Ini adalah sala satu visi misi Pemda Konsel dalam mendorong peningkatan SDM dan juga digitalisasi,” kata Bupati dua periode ini.

Politisi Golkar ini mengaku capaian itu merupakan suatu kominten Pemda Konsel dalam melakukan penguatan pengembangan TPBIS di daerah yang dipimpinnya.

“Ketika kita berbicara tentang literasi maka pendidikan adalah yang paling mendasar dalam menunjang peningkatan SDM, jadi untuk mendukung minat baca masyarakat Konsel pemda saat ini mendorong desa digital,“ terangnya.

Surunuddin menyebut, perpustakaan saat ini bukan hanya menjadi tempat baca buku melainkan menjadi tempat literasi bagi masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

BACA JUGA :  PT Indonusa Arta Mulya Diduga Fasilitasi Keluarnya Ore nikel Ilegal di Pit 90

Olehnya itu, tambah Surunuddin tekankan kepada Bunda Literasi yang baru dilantik untuk segera menyiapkan program-program penunjang visi misi Konsel.

“Kepada bunda literasi yang baru dikukuhkan saya minta untuk segera menyiapkan program-program dalam mendukung visi misi Pemkab Konsel dalam mendukung kesejahteraan masyarakat,” tekan Surunuddin.

Untuk diketahui, Bunda Literasi Kabupaten yang di kukuhkan adalah Hj Nurlin Surunuddin kemudian 25 Ibu camat se-Konsel sebagai Bunda Literasi Kecamatan. Dalam kegiatan itu pula Kepala Deputi Peguatan SDM Perpustakaan RI memberikan bantuan berupa 1 unit mobil perpustakaan.

Sebagai tambahan informasi, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Konsel dinobatkan sebagai Juara II Tingkat Nasional sebagai salah satu perpustakaan dengan Transformasi Perpustakaaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS).

Laporan : Ely

Komentar