Tekan Angka Pengangguran, BVPV Kendari Gelar Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair

Kendari, Metro32 Dilihat

KENDARI – Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari menggelar festival pelatihan vokasi dan job fair, Kamis (20/10/2022).

Kegiatan itu dimeriahkan berbagai hiburan seperti talk show, pelatihan disabilitas, senam sehat, fashion show dan donor darah yang akan berlangsung selama tiga hari, tanggal 20 sampai 22 Oktober 2022.

Mewakili Ali Mazi, Staf Ahli Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Boy Ihwansyah mengatakan, pemerintah sangat mendukung dan menyambut baik atas pelaksanaan festival pelatihan Sultra 2022 ini.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk nyata kerjasama antara BPVP Kendari dan Pemerintah Provinsi serta Kadin Sultra.

“Pelatihan vokasi menjadi upaya bersama antara pemerintah dan dudika untuk menekan angka pengangguran dan menciptakan tenaga kerja terampil yang akan berdampak pada penurunan angka kemiskinan,” kata Irwansyah dalam sambutannya.

BACA JUGA :  HUT Bhayangkara ke-78 Tahun, Biddokkes Polda Sultra Gelar Bakti Kesehatan Bagi Masyarakat Kurang Mampu

Sementara itu, Kepala BPVP Kendari, La Ode Haji Polondu mengatakan, kegiatan ini dalam rangka bulan pelatihan vokasi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Republik Indonesia (RI) yang bertujuan untuk mempromosikan ekosistem ketenagakerjaan melalui program pelatihan, sertifikasi dan penempatan yang didukung dengan digital siap kerja.

“Ia jadi kegiatan ini merupakan ajang pelatihan vokasi untuk memperkenalkan khususnya masyarakat di Sulawesi Tenggara dengan berbagai aktifitas didalamnya,” kata Haji Polondu kepada awak media di Aula BPVP Kendari.

Haji Polondu juga mengungkapkan, bahwa pihaknya memfasilitasi para pemangku kepentingan khususnya pencari kerja dan pemberi kerja tentang pentingnya penyelenggaraan pelatihan vokasi.

“Harapan kedepanya setelah mereka mengikuti pelatihan ini, harapan mereka begitu cerah, karena kami tidak hanya cukup melatih tapi kami juga menjanjikan punya usaha di industri dan juga mereka bisa menerima pekerjaan termaksud kadin – kadin yang bisa memudahkan dan memodalkan suatu usaha mereka nantinya,” ungkap Haji Polondu.

BACA JUGA :  Sambut Hari Jadi Bhayangkara ke-78 Tahun, Polda Sultra Tanam 780 Bibit Pohon

Lanjut, Haji Polondu mengungkapkan pelatihan yang telah disiapkan oleh BPVP Kendari sudah cukup matang. Pasalnya pelatihan itu bakal berlangsung meriah dengan berbagai kegiatan.

“Jadi kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, dan untuk besok akan ada demo masak yang dipimpin langsung oleh chef syaiful rahman, lalu nanti juga ada demo service sepeda motor gratis kecuali beli suku cadanganya, demo pangkas rambut, dan terakhir di sabtu akan ada donor darah yang didukung oleh palang merah indonesia( PMI),” ujar Haji Polondu.

Laporan : To

Komentar