Marthen Minggu Nahkodai Paguyuban Toraja di Konawe

Budaya, Konawe67 Dilihat

KONAWE – Marthen Minggu dipilih secara aklamasi seluruh pengurus, untuk memimpin paguyuban Suku Toraja atau “Kasiturusanna Sang Torayan” (Kastor) yang ada di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal tersebut ditandai dengan pengukuhan pengurus yang dilaksanakan disalah satu hotel di Konawe pada Sabtu (1/10/2022), untuk masa jabatan 2022 sampai 2026.

Ketua Kasto Konawe, Marthen Minggu dalam sambutannya mengatakan, kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk memimpin paguyuban Toraja merupakan amanah.

“Ini adalah amanah yang dititipkan, saya nda bisa berbuat tanpa kekompakan semua, terkhusus tokoh Toraja yang ada di Konawe,” kata Marthen Minggu.

Lanjut Marthen Minggu menyampaikan, jika kebanyakan orang tau bahwa Suku Toraja itu dikenal dengan persatuannya dan ini wajib untuk dipelihara.

“Artinya dimanapun kita berada, rasa persatuan dan kesatuan terus dijaga dan dirawat. Rasa saling harga menghargai terus ditingkatkan,” ujarnya.

Marthen Minggu yang juga Kepala BKAD Konawe Utara itu menegaskan, jika organisasi Kastor Konawe tidak berafiliasi dengan politik apapun.

“Ini jelas dalam AD/ART kita. Keberadaan Kastor Konawe mari kita tunjukan pada sektor lain seperti pertanian, perkebunan, pendidikan maupun olahraga,” terangnya.

Dia berharap, 80 lebih pengurus Kastor Konawe untuk tidak saling mengkoreksi sesama. Karena organisasi bisa jalan dan besar adanya rasa memiliki diantara sesama.

“Mau besar ada ditangan kita semua. Kalau kita sendiri nda kompak bagaimana bisa besar organisasi ini. Kalau ada sesuatu kita duduk bersama, dibicarakan secara baik-baik untuk mencari solusi dan jalan keluar,” tutupnya.

Laporan : Mumun

Komentar