Dinas PUPR Mubar Anggarkan Rehabilitasi Balai Pertemuan Barugano Lawa

Daerah46 Dilihat

MUNA BARAT – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra), telah menganggarkan rehabilitasi Balai Pertemuan Barugano Lawa tahun 2022.

Kepala dinas PUPR Mubar, La Ode Butolo mengatakan, jika program rehabilitasi balai merupakan salah satu usulan Musrenbang masyarakat Kecamatan Lawa.

Sehingga, usulan tersebut menjadi program prioritas. Mengingat kondisi fisik Balai Pertemuan Barugano Lawa sudah sangat memprihatinkan.

“Sudah waktunya di rehab karena sudah tidak layak di gunakan,” katanya, Jumat (15/4/2022).

Dirinya mengaku jika rehabilitasi Balai Barugano Lawa sudah diusulkan sejak dua tahun lalu. Namun, karena adanya pandemi Covid-19 Pemkab Mubar baru dapat merealisasikan di tahun 2022 ini.

BACA JUGA :  Dugaan Sertifikat Terbit Diatas Pencadangan Transmigrasi Mencuat, DPRD Konut Didesak Bentuk Pansus

“Sebenarnya dari tahun lalu mau di rehab, tapi gara-gara Covid anggaran banyak yang di refokusing,” ujarnya.

Lanjutnya, Balai Barugano Lawa merupakan salah satu situs yang bersejarah bagi masyarakat setempat. Tempat tersebut bukan hanya sebatas pertemuan, namun lebih dari itu.

Pasalnya, segala aktifitas kebudayaan yang di selenggarakan oleh daerah maupun kecamatan jika di tempatkan di wilayahLawa, maka pusat kegiatannya pasti digelar di Barugano Lawa.

BACA JUGA :  P3D Konut Sebut Bos PT Ambo "Raja Otoriter Baru" di Blok Mandiodo

“Jadi, sebenarnya tidak ada alasan kalau bicara soal Barugano Lawa. Apa lagi bangunan itu termasuk ikon bersejarah khususnya bagi masyarakat kecamatan Lawa,” terang Mantan Kadis Perumahan itu.

Dia menambahkan, anggaran rehab tersebut telah di input di aplikasi Sirup dan di upload di LKPP RI dan tinggal menunggu tahapan selanjutnya untuk dilakukan tender.

“Tinggal menunggu proses tender di ULP Mubar. Inzya Allah tahun ini sudah terealisasi,” pungkasnya.

Laporan : Pialo

Komentar