Ini Penjelasan Dinkes Konsel, Soal Lansia Dibawa ke RSUD Usai Vaksin

KONAWE SELATAN – Beredar informasi, seorang ibu bernama Riy (64) warga Desa Watudemba, Kecamatan Palangga, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dibawa ke RSUD Konsel, setelah mengikuti vaksinasi Covid-19, pada Jumat, 8 April 2022 lalu.

Menanggapi hal tersebut, Plt. Dinas Kesehatan (Dinkes) dr. Boni Lambang mengatakan satgas Covid-19 tetap melaksanakan vaksinasi terhadap masyarakat di bulan Ramadan ini. Guna mengakselerasi capaian vaksinasi di daerah tersebut.

“Termasuk di Kecamatan Palangga, penyaluran BLT dirangkaikan pelaksanakan vaksinasi pada masyarakat, hari jumat kemarin,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Sabtu, 9 April 2022.

Pria yang akrab disapa Dokbon ini menjelaskan pemberian vaksinasi terhadap ibu R sudah sesuai prosedur.

Dimana tim vaksinasi puskesmas Palangga telah melaksanakan screening terlebih dahulu, dan ibu R direkomendasikan untuk vaksin.

Apalagi terkait penyakit kronis yang pernah diderita ibu R membuatnya sangat rentan sehingga disarankan untuk vaksin.

BACA JUGA :  Ruksamin Terobos Banjir Demi Salurkan Bantuan Untuk Warga

“Tentunya pemberian vaksinasi pada nyonya R, dimaksudkan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan akibat penyakit Covid-19. Vaksin yang diberikan pada nyonya R di hari jumat pukul 10.00 wita kemarin adalah vaksin pfizer dosis 1,” jelasnya.

Pada saat itu, lanjut ia, setelah mendapat laporan kondisi pasien, Dinas Kesehatan dalam hal ini petugas di Puskesmas beserta Satgas Kecamatan membawa pasien (ibu R) ke IGD RSUD Konsel sekitar pukul 19.00 wita.

“Oleh dokter dan tim IGD RSUD Konsel, pasien diperiksa. Dimana, Pasien mengalami gangguan lambung dan anemia karna penyakit lamanya. Selanjutnya pasien ditangani dengan diberikan pengobatan yang adequat,” terangnya.

Saat ini, kata dr Boni, pasien dirawat inap dan dalam kondisi stabil. Sambil dilakukan penanganan lanjutan. Ia menuturkan, kondisi pasien mengalami anemia karna penyakit lama atau kronis yang pernah dialami oleh pasien yang bersangkutan.

BACA JUGA :  PT Tiran Indonesia Serahkan 10 Ton Beras Untuk Korban Banjir di Konut

“Dan bukan diakibatkan oleh pemberian vaksinasi. Kami harap keluarga dan masyarakat tenang, nyonya R akan ditangani oleh Dinas Kesehatan sampai kondisinya sehat kembali, dan kita doakan semoga pasien dapat segera sehat,” pintanya.

Lebih lanjut Dokbon menyampaikan, Satgas Covid-19 Kabupaten Konsel mengajak masyarakat untuk antusias dan berpartisipasi aktif melaksanakan vaksinasi dosis ke 2 dan vaksinasi lansia.

“Serta vaksinasi booster agar masyarakat makin terlindungi dan level PPKM Kab Konawe Selatan dapat turun dari level 3 ke level 2,” ajaknya.

 

Laporan: Ken

Komentar