Pemkab Konawe Godok Perbup Beras Kita

Daerah250 Dilihat

KONAWE – Pemerintah Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), bersama perusahaan umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Unaaha mulai gencar melakukan sosialisasi tentang rencana pemberian label “BerasKita” sebagai beras premium.

Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara pada kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa beras premium ini nantinya akan menyasar Aparatur Sipil Negara (ASN), perusahaan sawit, PT VDNI dan PT OSS.

Untuk mempermudah pendistribusian “Beras Kita” ke sektor tertentu, Pemkab Konawe sedang menggodok Peraturan Bupati (Perbup) sebagai payung hukumnya.

Saat ini, Perbup tersebut sementara dalam proses finalisasi oleh Bagian Hukum Sekretariat Daerah Konawe.

“Kita tinggal menunggu Perbup ditandatangani Pak Bupati, setelah itu langsung kita launching,” kata Gusli diruang kerjanya, Selasa 25 Mei 2021.

Selain menyasar dalam daerah, beras premium merek Beras Kita ini nantinya diharapkan dapat merambah pasar domestik. Sehingga dengan adanya label produk Konawe, akan lebih dikenal oleh khalayak sebagai hasil produk petani di daerah itu.

Menurutnya, salah satu tujuan Pemda Konawe dalam pendistribusian Beras Kita ke ASN dan perusaahan adalah membantu Perum Bulog dalam penyerapan daya beli gabah petani.

BACA JUGA :  Ruksamin Terobos Banjir Demi Salurkan Bantuan Untuk Warga

Makanya, dengan terjalinnya kemitraan ASN dan perusahaan. Bulog diharapkan dapat menyerap beras lebih banyak dari penggilingan mitra yang ada di Kabupaten Konawe.

“Kita ingin daya serap Bulog terhadap produksi petani kita meningkat. Tentu dengan meningkatnya daya serap Bulog, diharapkan dapat menjadikan harga gabah di level petani tetap stabil,” harapnya.

Gusli menegaskan bahwa setelah Perbup ditandatangani, maka ASN Konawe wajib membeli beras kualitas premium di Perum Bulog Unaaha sesuai dengan jatah tunjangan beras yang telah ditentukan masing-masing abdi negara.

Selain itu, lanjut Gusli, pihak perusahaan sawit maupun industri di Morosi juga akan segera bermitra dengan Bulog Unaaha dalam pengadaan beras untuk karyawan.

Pada kesempatan itu, Wabup Konawe juga menyarankan kepada Kepala Bulog Divre Unaaha untuk bekerja sama dengan Dinas Sosial Konawe untuk menyuplai beras kepada penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

BACA JUGA :  PT Indonusa Arta Mulya Diduga Fasilitasi Keluarnya Ore nikel Ilegal di Pit 90

“Itu jumlah penerimanya mencapai puluhan ribu. Nah, kalau itu dimaksimalkan bisa juga membatu daya serap beras di Bulog,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bulog Sub Divre Unaaha Yusran Yunus membagikan beras premium isi 10kg kepada 20 awak media sebagai ajang promosi beras merek Beras Kita.

Yusran berharap kerja sama awak media dalam membantu Bulog dan Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe untuk menyosialisasikan beras premium merek Beras Kita sebagai produk Konawe.

“Kami berharap lewat rekan-rekan media, Beras Kita lebih dikenal nantinya sebagai beras premium produk Konawe,” harap Yusran usai menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan awak media.

Untuk diketahui, turut hadir Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara bersama Kepala Bulog Sub Divre Unaaha Yusran Yunus, Ketua DPRD Ardin, Kadis Perindustrian dan Koperasi Jahiuddin serta Kabag Humas dan Protokoler Setda Konawe Sukri Nur berserta awak media Kabupaten Konawe.

Laporan : Aris

Komentar