Tahapan Pilkada Telah Selesai, KPU Konsel : Pelantikan Bukan Ranah Kami

Politik23 Dilihat

KONAWE SELATAN – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Aliuddin sebut tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) telah selesai.

“Secara umum tahapan Pilkada 2020 di Pilkada Konsel telah selesai,” kata Aliuddin, Selasa 20 April 2021.

Aliuddin menjelaskan, bahwa tahapan di KPU Konsel sampai pada penetapan Bupati dan Wakil Bupati Konsel terpilih.

Dan itu sendiri telah digelar pada Maret 2021 lalu, dimana KPU Konsel menetapkan Paslon Surunuddin Dangga-Rasyid sebagai Kepala Daerah terpilih periode 2021 sampai 2026.

BACA JUGA :  Pilkada Konut 2024 Tanpa Calon Perseorangan

Kendati masih ada tahapan lanjutan yakni pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Konsel, namun ia menyebut bahwa tahapan pelantikan itu bukan lagi ranah KPU.

“Pelantikan bukan ranah KPU,” ujarnya.

Sebelumnya, Paslon Surunuddin-Rasyid ditetapkan sebagai pemenang dalam Pilkada Konsel setelah KPU Konsel menerima salinan sidang keputusan sengketa Pilkada Konsel yang telah bergulir di Mahkamah Konstitusi.

BACA JUGA :  Dapat Restu 4 Partai Politik, Ruksamin Mantapkan Diri Maju Pilgub Sultra 2024

Dimana, Mahkamah Konstitusi secara resmi menolak gugatan rival politiknya Paslon Endang-Wahyu dengan dalih gugatan yang dilayangkan tidak memenuhi unsur.

Sebagai informasi, rencananya Surunuddin-Rasyid bakal dilantik oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi pada 26 April 2021 mendatang. Hal itu, berdasarkan surat Kemendagri bernomor 131/1921/OTDA.

Laporan : Izhar

Komentar