Kapolda Sultra Resmikan Lima Polsek Baru di Konawe Selatan

Hukum39 Dilihat

KONSEL – Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra), Irjen Pol Drs Yan Sultra, didampingi Pj. Bupati Konsel, Andi Tenri Rawe Silondae dan Kapolres Konsel AKBP Erwin Pratomo meresmikan lima Polsek baru di daerah itu, Kamis 25 Maret 2021.

Kelima Polsek baru yang sebelumnya berstatus Kepolisian Sub Sektor (Polsubsektor) itu, yakni Polsek Baito, Mowila, Buke, Benua dan Polsek Watumeeto.

Dikesempatan itu, Kapolda Sultra, Irjen Pol Yan Sultra menyampaikan apresiasi terhadap Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel atas bantuan dan dukungan sehingga Polsek baru resmi terbentuk.

“Terima kasih atas dukungannya, semoga dengan naiknya type Polsek ini dapat meningkatkan semangat untuk memberikan pengabdian dan pelayanan ke masyarakat,” ucapnya.

Menurutnya, pembentukan Polsek baru itu sebagai komitmen dan perpanjangan kewenangan kepolisian di wilayah kecamatan dalam upaya memudahkan masyarakat dalam urusan pelayanan kepolisian yang semakin dekat dan semakin baik.

BACA JUGA :  Polres Konut Amankan 124,08 Gram Narkoba dan 10 Tersangka, Terdapat Kelompok Asal Medan

“Semoga dengan peresmian dan dikukuhkannya lima polsek ini, pelayanan semakin baik dan personel dapat lebih termotivasi jalankan peran dan fungsinya sebagai alat negara dan pemelihara kantibmas,” tandasnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Pj Bupati Konsel, Andi Tenri juga mengapresiasi atas terbentuk dan dikukuhkannya ke lima Polsek baru.

Dikatakan, bahwa hal ini sebagai bentuk cerminan kedekatan antara aparat kepolisian dengan masyarakat, khususnya dalam menjaga ketertiban dan keamanan dalam kehidupan bermasyarakat.

Ia menjelaskan, pendirian Polsek memang begitu penting mengingat Konsel merupakan daerah dengan jumlah penduduk besar yang tersebar pada 25 Kecamatan, 15 Kelurahan dan 336 Desa.

Ia berharap, dengan telah diresmikan dan hadirnya Polsek baru di Konsel dapat mencegah terjadinya gangguan kantibmas.

BACA JUGA :  Diduga Cemari Laut, Tongkang Yang Karam di Konservasi TWAL Labengki Diadukan ke Polda Sultra

“Ini juga sebagai upaya meningkatkan kemitraan Polri dengan masyarakat untuk menjaga dan memelihara ketertiban. Salah satunya terbangunnya silahturahmi antar personel dengan seluruh elemen masyarakat,” tandasnya.

Untuk diketahui, persetujuan pembentukan 5 Polsek baru ini berdasarkan tindak lanjut Surat Kapolri Nomor B/278/II/OTL.1.1.1/2021 tanggal 24 Februari 2021 dan Keputusan Kapolda Sultra pertanggal 8 Maret 2021 Nomor : Kep/96/III/2021 (Baito), Kep/97/III/2021 (Benua), Kep/98/III/2021 (Buke), Kep/99/III/2021 (Mowila), Kep/100/III/2021 (Polsek Watumeeto).

Turut hadir pada kegiatan peresmian itu, yakni jajaran Polres Konsel, unsur Forkopimda, Camat dan para Kepala Desa, serta Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda. Dikesempatan itu juga Pj. Bupati Konsel dipercayakan melakukan pengguntingan pita.

Laporan : Izhar

Komentar