Kembangkan Kompentensi Akselerasi Transformasi Digital, Bupati Surunuddin Ikut Pelatihan DLA di Singapore

Nasional45 Dilihat

KONAWE SELATAN – Bupati Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Surunuddin Dangga terpilih mengikuti pelatihan Digital Leadership Academy (DLA) di Singapura mulai tanggal 23 sampai 26 November 2022.

Pelatihan DLA merupakan program unggulan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang pelaksanaannya dirancang bersama perguruan tinggi terbaik dunia dengan tujuan untuk mempercepat akselerasi transformasi digital

Ia menjadi salah satu diantara 20 Bupati atau Walikota dari 514 Kabupaten/Kota se-Indonesia. Terpilihnya Bupati Surunuddin berkat prestasi dan komitmennya dalam penerapan digital teknologi smart city di Kabupaten Konawe Selatan.

Terpilihnya Surunuddin bukan tanpa sebab. Ia banyak menciptakan inovasi diantaranya pengembangan ICT (Information, Communications, and Technology) serta menerima banyak penghargaan. Teranyar meraih Juara 3 Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Selain itu, kepala daerah yang mengikuti pelatihan adalah daerah yang memiliki kriteria Penerima IGA kategori kabupaten kota terinovatif, tertinggal terinovatif, dan terluar terinovatif. Kemudian daerah yang memiliki realisasi APBD tertinggi dan inflasi dibawah rata -rata nasional.

BACA JUGA :  Bupati Ruksamin Ikuti Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2024
Bupati Konsel, Surunuddin Dangga

Mereka akan ditingkatkan kompentensinya, meliputi Knowledge, Skill dan Attitude selaku pimpinan daerah mendorong percepatan transformasi digital di Indonesia, terkhusus didaerah otoritanya masing-masing.

Lokus Singapore dipilih karena merupakan negara dengan peringkat ke-5 tertinggi pada digital competitivennes ranking dalam hal survey international institute for management development (IMD) Tahun 2021.

Para kepala daerah terbaik ini bakal menerima materi culture of innovation dan digital transformation in government, memahami bagaimana solusi menyelesaikan tantangan smart city yang berfokus pada 9 area.

Diantaranya, Intelligent Estate (perumahan cerdas), Smart Mobility (mobilitas cerdas), Sustainability (pembangunan berkelanjutan), Advanced Manufacturing (produksi canggih), Urban Agriculture (pertanian perkotaan), Smart Wellness (kesehatan cerdas), Healthcare (perawatan kesehatan), Urban Logistics (logistik perkotaan) dan Cloud Computing (penyimpanan bebasis komputasi).

BACA JUGA :  Smelter Tak Kunjung Dibangun, Koalisi Pemuda Konut Demo PT Tiran Mineral di Kejaksaan Agung RI

Dalam agenda tersebut juga akan dilakukan sharing session mengenai budaya dan transformasi digital dalam pemerintahan dan melakukan beberapa kunjungan seperti ke Smartlab Singapura untuk memahami solusi menyelesaikan tantangan smart city.

Selanjutnya bakal mengunjungi cityscape belajar teknologi perencanaan Tata Kota baik fasilitas maupun manfaatnya bagi masyarakat dan bisnis. Juga mengunjungi publik service division untuk bagaimana strategi peningkatan pelayanan publik termasuk pengelolaan SDM dan kebijakan whole of government. Misalnya mempromosikan budaya kerja yang fleksibel terkait layanan Pemerintah yang disederhanakan kepada warga.

Disela-sela kegiatan tersebut, Bupati Surunuddin membangun dialog interaktif terkait Pengembangan wilayah smar city dengan Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryopratomo.

Turut mendampingi dalam kegiatan Ketua TP-PKK Konsel, Nurlin Surunuddin, Ketua Tim Percepatan Pembangunan Daerah/TP2D, Samsu dan Kabid Perencanaan, Pengendalian, Evaluasi Pembagunan Daerah BAPPEDA, Awaluddin.

Laporan : Ken

Komentar