Site icon KonasaraNews.com

Pemkab Konut Berikan Cara Manfaatkan Lahan Sempit

KONAWE UTARA – Pemerintah Kabupaten Konawe Utara melalui Dinas Perkubunan dan Hortikultura memberikan cara mengembangkan lahan sempit menjadi perkebunan sayur.

Salah satunya di Desa Tokowuta, Kecamatan Wawolesea. Dengan memanfaatkan lahan sempit, Disbun Hortikultura Konut menanam berbagai macam sayuran, seperti tomat, cabe dan buah.

Kepala Bidang Hotikultura Disbun Konut, Imran Moita mengatakan, tata cara pemamfaatan pekarangan rumah dalam rangka mensukseskan program pemerintah pada sektor P2KP.

“Untuk berkebun sebenarnya tidak ada kiat khusus yang harus di lakukan, tetapi kita hanya butuh fokus dan yakin bahwa apa yang kita tanam ini bisa menghasilkan yang lebih besar,” ungkap Imran Moita, Minggu (25/12/2022).

Imran menuturkan, untuk memamfaatkan pekarangan rumah menjadi lahan yang berguna sesungguhnya tidak membutuhkan biaya besar.

“Bajet yang disipakam untuk membiayayi tidak terlaku besar. Hasilnya tiga kali lebih besar dari modal,” katanya.

Imran menyarankan, agar masyarakat ketika berkebun harus melihat tanaman yang memang memiliki nilai ekonomi tinggi.

“Contoh cabe dan tomat. Ketika kita serius untuk merawat dan menanam maka bisa menghasilkan hasil yang lebih besar,” ujarnya.

“Intinya petani milenial jangan pernah malu untuk menjadi seorang petani, karena bertani dapat menjanjikan hasil yang lebih baik,” tutupnya.

Laporan : Mumun

Exit mobile version