Lantik BPD, Bupati Ruksamin Ingatkan Bangun Sinergi dan Tak Berpikir Gulingkan Kades

Daerah, Konawe Utara93 Dilihat

KONAWE UTARA – Bupati Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Ruksamin melantik ratusan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) hasil pemilihan beberapa waktu lalu di balai Desa Laramo Kecamatan Lembo dan sesi kedua di aula Kecamatan Oheo, Kamis (13/10/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Ruksamin mengingat seluruh BPD yang baru saja dilantik untuk tidak berpikir menjatuhkan kepala desa.

“BPD itu mitra kerja kepala desa. Jangan baru dilantik sudah berniat menjatuhkan kepala desa. Sinergi dan harmonisasi sangat dibutuhkan untuk membangun desa,” kata Ruksamin.

Sementara untuk meningkatkan kinerja, Ruksamin memerintahkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konut untuk melaksanakan bimbingan tekhnis.

BACA JUGA :  PENDAFTARAN PASANGAN CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI KABUPATEN KONAWE UTARA PROVINSI SULAWESI TENGGARA TAHUN 2024

“Laksanakan bimtek Kades dan BPD tahun 2023. Tahun 2023 selain honor Kades dan aparatnya, honor BPD juga akan saya naikkan. Selain itu BPD juga saya akan siapkan operasionalnya,” ujarnya yang disambut tepuk tangan peserta.

Selain program kenaikan honor, lanjut Ruksamin, dimasa sirinya menjadi Wakil Bupati dan Aswad Sulaiman menjadi Bupati, Pemkab Konut melakukan pembangunan kantor desa.

“Dulu pernah kita bangun kantor kepala desa. DPMD catat masih berapa kepala desa yang belum punya kantor, tahun depan kita bangun. Kita juga bertahap akan membangun kantor BPD. Kades dan BPD harus punya baju dinas, dan DPMD harus susun ini,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Soal Beasiswa, Calon Bupati Ikbar : Mereka Baru Janji, Konasara II Sudah Lakukan, Konasara III Siapkan Perdanya

Untuk merealisasikan hal tersebut, Ruksamin memberikan tugas dan tanggungjawab seluruh kepala desa dan BPD. Yakni melakukan penataan desa.

“Lihat dulu penataan desanya, yang bagus penataannya ini yang akan kita berikan. Kemudian mamfaatkan Program Pemamfaatan Kebun Pekarangan (PPKP),” tutupnya.

Turut hadir dalam pelantikan ratusan BPD, diantaranya, Bupati Ruksamin, Wakil Bupati Abu Haera, Ketua DPRD Ikbar, pimpinan OPD lingkup Pemkab Konawe Utara.

Laporan : Mumun

Komentar