Sampainya di Sultra, Kapolri Pantau Pelaksanaan Vaksinasi Massal di Konsel

Metro51 Dilihat

KONAWE SELATAN – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., tiba di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu 15 Desember 2021.

Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo langsung meninjau vaksinasi presisi yang dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Sorumba, Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan.

Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo didampingi oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, SH., untuk menyapa peserta vaksin dan para vaksinator yang bertugas. Kedatangan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo di Bumi Anoa dalam rangka memantau dan menggenjot angka vaksinasi ke angka 70 persen di akhir tahun.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dijadwalkan tiba di Bandara Haluoleo pada pukul 14.00 Wita. Namun baru tiba di lokasi vaksinasi sekitar pukul 16.30 WITA.

Setelah menanykan capaian vaksinasi di seluruh Polres di Sultra melalui via konferensi video, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo kemudian meninggalkan lokasi vaksinasi dan diikuti Gubernur Ali Mazi dan rombongan lainnya.

Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, menggelar beberapa agenda di Sultra dan akan menginap selama satu malam di Kota Kendari.

Kepala Sub Bidang Penerangan Masyarakat (Kasubbid Penmas) Polda Sultra Kompol Roni Syahendra, SH. SIK., membenarkan informasi tersebut.

“Kapolri dijadwalkan tiba di Bandara Haluoleo Kendari pukul 14.00 Wita, akan dijemput kapolda, gubernur, dan forkopimda,” kata Kompol Roni Syahendra.

Setiba di Bandara Haluoleo Kendari, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo selanjutnya dijadwalkan mengecek vaksinasi Covid-19 secara massal di Konawe Selatan.

“Meninjau giat vaksinasi Covid-19 di Lapangan Sorumba Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel),” beber Kompol Roni Syahendra.

Kompol Roni Syahendra mengatakan, belum diketahui jadwal Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo akan mendatangi Markas Polda Sultra atau tidak. Pihaknya masih menunggu jadwal lebih lanjut jika ada agenda tersebut.

Meski begitu, menurut Kompol Roni Syahendra, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dijadwalkan akan menginap selama satu malam di Kota Kendari. “Setelah itu mungkin protokol Gubernur (Sultra) yang tahu jadwalnya. Info awalnya beliau (Kapolri) mau menginap, belum ada perubahan,” kata Kompol Roni Syahendra.

BACA JUGA :  HUT Bhayangkara ke-78 Tahun, Biddokkes Polda Sultra Gelar Bakti Kesehatan Bagi Masyarakat Kurang Mampu

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo akan bertandang di kawasan industri smelter di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Provinsi Sultra. Kapolri akan menyambangi Kabupaten Konawe usai bertandang di Kota Kendari, pada Kamis 16 Desember 2021.

Diketahui, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dijadwalkan akan bertandang di Kota Kendari, Provinsi Sultra. Kapolri ini akan menggelar beberapa agenda di Sultra dan akan menginap selama satu malam di Kota Kendari.

Setiba di Bandara Haluoleo Kendari, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo selanjutnya dijadwalkan mengecek vaksinasi Covid-19 secara massal di Konawe Selatan.

“Meninjau giat vaksinasi Covid-19 di Lapangan Sorumba Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel),” beber Kompol Roni Syahendra.

Usai meninjau vaksinasi Covid-19, Beliau akan menuju ke Markas Polda Sultra untuk memberikan arahan internal. Selanjutnya, Jenderal Pol Listyo Sigit akan menginap di Hotel Claro Kendari sampai Kamis Kamis 16 Desember 2021.

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dijadwalkan akan mengakhiri lawatannya di Sultra dengan mengunjungi kawasan industri smelter di PT. VDNI, Kabupaten Konawe. Kapolri dan rombongan akan menumpangi helikopter jenis AW 169 dan Bell 429, yang take off pada pukul 09.00 WITA.

Dua jam berikutnya, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo meninggalkan Sultra lewat Bandara Haluoleo Kendari, lepas landas pada pukul 11.00 Wita.

“Insyaallah, kalau tidak ada perubahan sesuai jadwal di atas,” tegas Kompol Roni Syahendra.

Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan bergerak, target untuk mencapai herd immunity sebelum akhir tahun 2021 terus digenjot. Dari data terbaru hari ini, Rabu 15 Desember 2021, bertempat di Lapangan Sepakbola Sorumba Kecamatan Ranomeeto bakal digelar vaksinasi massal.

Istimewanya, jika tak ada aral Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dijadwalkan bakal memantau langsung pelaksanaan vaksinasi massal tersebut.

Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga, ST., MM., menyebutkan, selain melihat titik lokasi vaksinasi di Kecamatan Ranomeeto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo bakal memantau pelaksanaan vaksinasi di Kecamatan Basala via video conference.

Untuk persiapan kunjungan Kapolri tersebut, Bupati Konawe Selatan telah mengumpulkan para pimpinan OPD, Camat dan Kepala Puskesmas se-Konawe Selatan.

BACA JUGA :  Sambut Hari Jadi Bhayangkara ke-78 Tahun, Polda Sultra Tanam 780 Bibit Pohon

Bupati Surunuddin Dangga meminta agar memanfaatkan sebaik-baik momen ini untuk kejar target, minimal 70 persen, akhir tahun 2021 atau capai 3.000 target sasaran cakupan vaksinasi per hari.

Nantinya, kata Surunuddin Dangga, mayoritas tenaga kesehatan akan dibantu TNI-Polri yang ditugaskan sementara ke pusat lokasi vaksin, dengan tidak menghentikan kegiatan serupa di wilayah kecamatan lain yang tidak dikunjungi Kapolri.

Lebih lanjut, kata Bupati Surunuddin Dangga, sasaran yang akan tervaksin di kegiatan ini baik dosis pertama maupun dosis kedua. Uniknya, untuk kegiatan vaksinasi kali ini, Bupati Surunuddin Dangga menyiapkan door prize diantaranya berupa hadiah utama sepeda motor. Tentunya bagi warga yang telah melakukan vaksinasi di tempat.

“Selain memotivasi warga untuk datang vaksin. Kami juga melaksanakan sistem jemput bola bagi warga yang belum vaksin dari rumah ke titik kegiatan,“ ujar Bupati Surunuddin Dangga.

Sementara itu, Kapolres Konawe Selatan AKBP Erwin Pratomo, SIK., dan Kapolres Kendari AKBP Didik Erfianto, SIK., MH., serta perwira penghubung TNI senada menyatakan kesiapannya mensukseskan kegiatan dimaksud dan akan menugaskan personelnya, termasuk menyiapkan dosis vaksin.

Hingga kini, Sultra masih berada di posisi empat terbawah angka capaian vaksinasi di Indonesia. Hingga 9 Desember 2021 lalu, capaian vaksinasi sebesar 45,59 persen atau sebanyak 912.914 warga telah melakukan vaksinasi dari target sasaran sebanyak 2.002.579.

Gubernur Ali Mazi mengungkapkan, data yang dia terima dari Dinas Kesehatan bahwa angka vaksinasi tertinggi baru terdapat di tiga daerah, yaitu Kota Kendari dengan capaian vaksinasi mencapai angka 68,35 persen, Konawe Utara 60,59 persen dan Bombana sebesar 58,27 persen. Sedangkan terendah terdapat di Kabupaten Konawe Kepulauan yakni sebesar 22,21 persen.

Gubernur Ali Mazi berharap, puskesmas-puskesmas di kabupaten/kota jangan hanya menunggu bola, menunggu pasien datang.

“Kalau masyarakat hari ini disuruh datang, maka itu akan sulit, tetapi kita harus menjemput mereka, memberikan edukasi pada mereka terutama memberikan sesuatu,” jelas Gubernur Ali Mazi.

Laporan: Renaldy

Komentar