UMKM Gula Semut Khas Kabaena ‘Arenka’ Eksis di Masa Pandemi

Metro107 Dilihat

BOMBANA – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pengolah gula semut di

Desa Ulungkura, Kecamatan Kabaena Tengah, Kabupaten Bombana terus menggeliat, akibat pandemi Covid-19.

Dimana pandemi Covid-19 telah memberikan dampak buruk terhadap perkembangan ekonomi terutama pada pelaku usaha. Namun, secara perlahan, roda ekonomi masyarakat kembali berputar dan produk olahan berbahan dasar gula aren tersebut juga mulai di produksi.

Bahkan sejumlah ritel modern sudah memesan produk mereka dari berbagai provinsi di Indonesia. Produk gula semut para UMKM ini lebih ekonomis dan bernilai di pasar. Bahkan gula semut khas Kabaena ini diberi label “Arenka”.

Pelaku UMKM Desa Ulungkura, Siswanto mengatakan walaupun di masa pandemi Covid-19. Dirinya terus membuat gula semut dengan cetakan tempung kelapa menjadi agak terlihat ekonomis.

“Produksi gula semut Arenka, baru mulai diproduksi pada Agustus 2021 lalu.” ungkapnya saat ditemui awak media, Minggu, 5 Agustus 2021.

Katanya, gula semut Arenka ini, tak hanya diminati warga lokal Kabupatem Bombana, masyarakat diluar Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) minati gula semut yang ia produksi.

“Sudah ratusan paket terjual secara online di Sulawesi Selatan, Jakarta, Sumatera serta kota-kota lain di pulau Jawa,” katanya.

Sementara itu, Direktur Lembaga Kajian Pembagunan Daerah dan Demokrasi (LKPD) Sultra, Muh. Arham selalu memberikan dukungan kepada pelaku usaha UMKM Gula Arenka.

Bahkan Arham turut membantu mempromosikan produk asli asal tanah kelahirannya itu.

“Usaha-usaha begini harus mendapatkan dukungan karena termasuk sedang berbuat untuk membangun perekonomian daerah. Ayo beli gula aren dari Kabaena,” pesannya di sela promosi gula aren.

Ditempat berbeda, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Bombana, Janariah selalu memberikan kesempatan kepada pelaku usaha produk gula aren untuk membangun kemitraan dalam event-event festival.

“Nanti akan ada event Festival Tangkeno, peringatan HUT Bombana, HUT Sultra. Disitu bisa  jadi tempat memperkenalkan produk asli Kabaena kepada publik,” pungkasnya.

Untuk diketahui, bagi yang ingin menikmati gula aren khas Kabaena, dapat menghubungi Suswanto di nomor 082312979697 untuk pemesanan secara online.

Laporan: Abdul. Muis
Editor: Ardiansyah

Komentar