Dorong IRT Terjun ke Dunia Pertanian, Disketapang Bombana Launching Gernita

Metro98 Dilihat

BOMBANA – Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kabupaten Bombana launching Gerakan Wanita Tani (Gernita) yang diresmikan langsung oleh Bupati Bombana H. Tafdil di kantor Bupati Bombana, Selasa, 17 Agustus 2021.

Kepala Dinas Disketapang Muslihin mengatakan inovasi Gernita akan menjadi penggerak bagi wanita khususnya ibu rumah tangga (IRT) untuk bertani. Sehingga, pengeluaran keluarga lebih hemat.

“Selama ini kita di Bombana yang bertani adalah bapak-bapak, sekarang kita coba untuk ibu-ibu untuk bertani di pekarangan rumah,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Sambut Hari Jadi Bhayangkara ke-78 Tahun, Polda Sultra Tanam 780 Bibit Pohon

Program ini bertujuan untuk memberdayakan wanita terlebih lagi kepada IRT agar menggunakan sumber daya yang tersedia di sekitanya, guna menghemat pengeluaran dan menunjang pendapatan keluarga.

“Program ini akan menjadi satu faktor untuk menahan laju impor sayur-sayuran dan pangan lainnya dari luar Bombana,” paparnya.

BACA JUGA :  HUT Bhayangkara ke-78 Tahun, Biddokkes Polda Sultra Gelar Bakti Kesehatan Bagi Masyarakat Kurang Mampu

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bombana, Muhammad Siarah saat dikonfirmasi sangat mendukung inovasi Gernita.

Sebab, adanya taman teknologi pertanian, maka program pengembangan pertanian di Bombana dapat maju, terutama di tengah pandemi Covid-19.

“Kita bina petani holtikultura melalui penyuluh pertanian yang tersebar di daerah serta dengan menjaga ketersediaan bibit,” pungkasnya.

Laporan: Abdul Muis

Komentar