Bangun Masjid, Bupati Konut dan Warga Apresiasi PT Tiran

Daerah67 Dilihat

KONAWE UTARA – Keberadaan PT Tiran Mineral di Kabupaten Konawe Utara dinilai sangat membantu mengangkat sektor ekonomi warga sekitar, tak ayal tali kasih yang terajuk antara perusahaan dan warga menjadi sebuah contoh bagaimana sebuah usaha dilakukan bukan hanya untuk kepentingan dan keuntungan perusahaan semata.

Akan tetapi, PT Tiran juga ikut memberdayakan serta mengangkat harkat kesejahteraan warga di sekitar lokasi usaha tersebut pertambangan. Salah satu bentuk kepedulian yang demikian tinggi, PT Tiran membangun satu masjid di Konawe Utara.

Bagi sekitar sangat menyambut baik pembangunan itu. Bagaimana tidak, mereka telah lama menantikan adanya rumah ibadah yang megah, nyaman, sejuk dan bisa menjadi kebanggaan warga Konawe Utara. Masjid juga menjadi simbol relijiusitas yang mampu mendekatkan warga dengan Sang Pencipta.

Tidak berhenti disitu saja, kepedulian yang demikian tinggi dari PT Tiran juga terlihat dari bagaimana perusahaan ini meletakkan kemanusiaan dalam setiap aktivitasnya. Perusahaan itu juga pernah menyumbang 5 kilo gram gula per rumah tangga ke seluruh warga yang berada di sekitar lokasi usaha.

Komitmen teguh PT Tiran dalam setiap aktivitas usahanya adalah mengedepankan kemaslahatan warga sekitar. Ini memang menjadi harga mati yang diperlihatkan PT. Tiran di seluruh unit usaha yang dilakukan.

BACA JUGA :  Kabar Bahagia!, Paslon Ikbar-Abuhaera Bakal Naikkan Honor Aparat Desa dan BPD

Satu lagi hal yang patut mengundang decak kagum sebagai wujud kepedulian dan komitmen kepada kesejahteraan warga sekitar, PT. Tiran juga memperkerjakan kurang lebih 800 warga lokal untuk turut membangun bersama Konawe Utara.

Tidak mengherankan dalam setiap sektor yang digeluti PT Tiran yang membentang dari perkebunan sawit, perkebunan dan pabrik gula, unilever serta usaha pertambangan, marwah kemanusian berkibar di sana.

Kepedulian dan komitmen kemanusiaan inilah yang sangat diapresiasi oleh Bupati Konawe Utara, Ruksamin. Kata dia, bantuan yang diberikan PT Tiran merupakan yang terbesar dari pengusaha yang pernah diterima Kabupaten Konawe Utara.

“Alhamdulillah, kami sangat berterimakasih atas kepedulian dan bantuan yang telah diberikan PT. Tiran. Selama ini belum ada yang memberi sumbangan senilai itu,” kata Ruksamin, Rabu 23 Juni 2021.

Menurut Mantan Ketua DPDD Konut ini, pembangunan masjid tersebut telah lama direncanakan, namun baru terwujud ketika mendapat bantuan dari PT Tiran.

“Saya sendiri yang menerima langsung bantuan tersebut dan hari ini ada 5 truk 10 roda yang membawa bahan bangunan untuk pembangunan masjid,” ujarnya.

BACA JUGA :  Pastikan Bersih Dari Narkoba, PT BSJ Gelar Kegiatan Tes Urine Seluruh Karyawan

Hal senada diungkapkan tokoh masyarakat, Risman Usman. Baginya, kepedulian dan komitmen PT Tiran untuk membangun ekonomi Konawe Utara serta mengangkat kesejahteraan masyarakat sekitar patut mendapat apresiasu.

“Bila ada pihak yang melakukan protes dan ketidaksetujuannya terhadap keberadaan pabrik smelter PT Tiran, itu adalah oknum. Atau bisa saja mereka itu adalah bagian dari penambang ilegal seperti yang pernah diberitakan di media,” katanya.

Di mata dia, PT Tiran bukanlah perusahaan baru di Konawe Utara, kiprahnya telah ada sebelumnya seperti perkebunan sawit yang sudah berlangsung 20 tahun. Bukan hanya itu, kontribusi PT Tiran juga terlihat nyata dari sektor usaha perkebunan dan pabrik gula dengan ikut menstabilkan harga gula di Kawasan Timur Indonesia (KTI), khususnya Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Slama 20 tahun itu, komitmen usaha PT Tiran patut diacungin jempol. Kami sama sekali tidak pernah mendengar PT Tiran membuat masalah apalagi melanggar hukum. Inilah yang membuat kami sangat mendukung keberadaan PT Tiran Mineral,” tutupnya.

Laporan : Tim

Komentar