Site icon KonasaraNews.com

Program Pembangunan 121 BSRS di Konut Dimulai

Ketgam : Bupati Ruksamin saat menyerahkan BSRS kepada salah satu penerima, Selasa (24/10/2023). Foto : Redaksi

KONAWE UTARA – Pemerintah Kabupaten Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), mulai melakukan pembangunan 122 rumah dari program Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSRS) tahun 2023.

Hal tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan oleh Bupati Ruksamin, di Kecamatan Molawe pada Selasa (24/10/2023).

Bupati Konut, Ruksamin mengatakan, data penerima BSRS telah ada dari pemerintah pusat, yang kemudian di verifikasi oleh pemerintah daerah.

“Data ini bukan dari kami, tapi data ini sdah ada dari pemerintah pusat. Setelah data itu ada, daerah melakukan verifikasi, inilah angka yang muncul,” katanya.

Untuk pembangunan BSRS sendiri terbagi dalam dua, lanjut Ruksamin, yakni pembangunan rumah baru sebanyak 40 unit dengan jumlah anggaran Rp50 juta per unit.

“Rp45 juta untuk bangunan dan Rp5 juta upah tukang. Kemudian 82 unit peningkatan kualitas rumah dengan anggaran Rp25 juta. Rp20 juta bangunan, upah tukang Rp5 juta,” ujarnya

Kata Ruksamin, program BSRS merupakan salah satu langkah pemerintah daerah dalam hal penanganan kemiskinan ekstrim.

“Program BSRE adalah salah satu kegiatan dalam pelaksanaan URC – KISS yang merupakan program unggulan dalam mengatasi 3 masalah yang saat ini menjadi focus program nasional yaitu penuntasan kemiskinan ekstrim, inflasi dan stunting,” imbuhnya.

Redaksi

Exit mobile version