H-1 Arus Mudik Lebaran Idul Adha, Pelabuhan Kapal Malam Kendari Siapkan 2 Kapal Angkut Ribuan Penumpang

Kendari, Metro58 Dilihat

KENDARI – Jelang H-1 lebaran Idul Adha 1444 Hijriah Taun 2023 Masehi, penumpang arus mudik rute Kendari-Raha memadati pelabuhan pangkalan perahu, Kota Kendari pada, Selasa malam (27/06/2023).

Ribuan penumpang terlihat mulai memadati area pelabuhan sejak 26 Juni 2023 Rabu malam. Antrian panjang di pelabuhan perahu ini dikarenakan adanya cuti bersama yang keluarkan oleh Pemerintah pusat selama 5 hari.

Kepala pos pelabuhan pangkalan perahu, Hayruddin mengatakan kondisi kepadatan penumpang arus mudik lebaran Idul Adha tahun ini berbeda dengan kepadatan penumpang mudik Idul Adha tahun sebelumnya.

“Ini karenakan adanya cuti bersama yang di keluarkan oleh tiga Menteri, beda dengan tahun sebelumnya hanya satu hari libur saja, jadi ada kelonggaran diberikan, terhitung tangan 28 sampai tanggal 2 Juli,” katanya kepada media ini, saat kami temui di pelabuhan pangkalan perahu.

BACA JUGA :  Sambut Hari Jadi Bhayangkara ke-78 Tahun, Polda Sultra Tanam 780 Bibit Pohon

Untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan lebih lama, pada 27 Juni 2023 malam, pihaknya menyediakan dua armada kapal untuk mengakut seluruh penumpang yang ada.

“Jadwal normalnya satu kapal, tapi untuk malam ini dua kapal biar terakomodir semua, tadi sudah berangkat satu KM Teratai Prima 1 dan KM Agil Pratama,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, jumlah penumpang yang menyeberang melalu kapal malam H-I lebaran ini, mencapai ribuan penumpang.

“Kita perkirakan kurang lebih seribuan, yang di angkut dua armada ini, kapal yang berangkat pertama KM Teratai Prima 1 kapasitas ranjang kurang lebih 376 ranjang sementara untuk Agil ini, sekitar 464 ranjang,” jelasnya.

BACA JUGA :  HUT Bhayangkara ke-78 Tahun, Biddokkes Polda Sultra Gelar Bakti Kesehatan Bagi Masyarakat Kurang Mampu

Hayruddin menambahkan, lebaran Idul Adha tahun ini, jadwal kapal tujuan Kendari-Raha terus beroperasi atau tidak ada libur.

“Untuk angkutan mudik Idul Adha ini, tidak ada libur tidak ada kekosongan, setiap malam beroperasi,” jelas Hayruddin.

Ditempat yang sama, Kanit Sabara Polsek Kawasan Pelabuhan Kota (KP3) Kendari, IPDA Muhtar menyebut, situasi arus mudik lebaran Idul Adha tahun ini, terpantau aman dan terkendali.

“Alhamdulillah untuk malam ini, dan kemarin malam masih terkendali,” singkatnya.

 

Laporan : Renaldy

Komentar