Site icon KonasaraNews.com

Dinas PUPR Butur Bangun Jembatan Penghubung Desa Langere-Tanah Merah

Kadis PUPR Butur, Mahmud Buburanda.

BUTON UTARA – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), bakal membangun jembatan yang menghubungkan Desa Langere dan Tanah Merah.

Hal tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama dimulainya pembangunan jembatan yang dilakukan oleh Kepala Dinas PUPR Butur, Mahmud Buburanda, Sabtu (4/3/2023).

Kepala Dinas PUPR Butur, Mahmud Buburanda mengatakan, jika peletakan batu pertama pembangunan jembatan penghubung Desa Langere-Tanah Merah berjalan dengan baik.

Dalam peletakan batu, lanjutnya, pihak Dinas PUPR menghadirkan langsung Dirjen PUPR bersama rombongan untuk menyaksikan langsung situasi dan kondisi di Desa Langere-Tanah Merah.

“Pembangunan jembatan ini menggunakan dana PEN dan pagu anggaran untuk pekerjaan ini mencapai Rp32 Miliar. Pekerjaan ini dimuat dalam kontrak kerja, yang menggunakan kontrak multi years. Kontrak multi years itu adalah pekerjaan dilaksanakan dari tanggal 19 desember 2022 hingga tanggal 23 desember 2023,” katanya.

Secara pribadi dirinya sangat tersentuh dengan keadaan masyarakat, meski ia sendiri dapat dikatakan baru berada ditanah Kulisusu ini.

“Bertahun-tahun masyarakat sangat terisolasi dan susah dalam beraktifitas untuk melakukan penjualan hasil pertanian, perikanan, dan lain sebagainya, harus mengarungi lautan dulu baru dapat menjual hasil pertanian mereka,” ungkap Mahmud Buburanda.

Oleh karena itu, dia berharap dengan adanya jalan dan jembatan ini dapat membuka keterisolasian masyarakat di Langere dan Tanah Merah.

“Masyarakat dapat menjual hasil pertanian, perikanan dan lain-lain dapat dilakukan secara langsung tidak harus menunggu lagi,” tutupnya.

Laporan : Safrudin Darma

Exit mobile version