Bonus Atlet Belum Dibayar, Kadispora Konut : Uangnya Ada di DPA, Sementara Diajukan Pencairannya

Daerah, Konawe Utara41 Dilihat

KONAWE UTARA – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), sedang melakukan proses pencairan anggaran bagi bonus para atlet yang meraih medali pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang ke XIV di Kota Baubau dan Buton 2022 lalu.

Hal tersebut diutarakan Plt Kepala Dispora Konut, Muhardi Mustafa. Kata dia, bonus bagi atlet yang dijanjikan oleh Pemda anggarannya telah siap.

Namun, kata Muhardi, proses untuk pencairan bonus tersebut membutuhkan waktu, apalagi memasuki awal tahun.

“Uangnya ada di kami (Dispora red), hanya tekhnis pembarannya itu ada di KONI. Kita di Dispora sedang memaksimalkan proses pencairannya,” katanya, Rabu (18/1/2023).

Mantan Kepala Dinas Pertambangan Konut menjelaskan, anggaran bonus bagi atlet yang meraih medali telah ada di APBD dalam bentuk dana hibah.

BACA JUGA :  PT Indonusa Arta Mulya Diduga Fasilitasi Keluarnya Ore nikel Ilegal di Pit 90

“Uangnya sudah stand bay, tapi ada proses yang harus kita lewati. Ini kan awal tahun, itu yang pertama. Anggarannya ini kan ada penginputan dari SIPD ke SIMDA, jadi ada proses. Kita lagi buatkan SPP nya, setelah itu dananya masuk ke KONI. Nanti KONI yang proses,” ujarnya.

“Jangan sampai niatnya kita percepatan, kita tidak mengikuti tahapan-tahapan yang harus kita lewati yang bisa merepotkan kita semua,” sambung Mantan Kadis Perindag Konut ini.

Dirinya menuturkan, bahkan data nomor rekening para atket yang meraih medali telah dikantongi. Sehingga jika dana tersebut telah diproses maka akan langsung dikirim ke masing-masing atlet.

BACA JUGA :  Direktur Explor Anoa Oheo Sebut Konut Darurat Narkoba

“Data atlet, data rekening sudah siap. Begitu proses di keuangan lewat, langsung di kirim ke rekening mereka,” terangnya.

Dirinya menyayangkan sikap acuh para pimpinan cabang olahraga. Harusnya, tambah dia, atlet yang meraih medali diberikan penjelasan jika di awal tahun proses pencairan dana membutuhkan waktu.

“Saya sih berharap ini ketua Pengcab yang menjelaskan. Kan rata-rata ini Pengcab ketuanya adalah pimpinan OPD. Kepala OPD ini kan tau kalau proses keuangan di awal tahun itu tidak bisa kita lewati tahapannya. Saya pastikan dana bonus atlet sudah siap, karena sudah masuk di DPA nya Dispora. Angkanya sudah mengkafer seluruh catatan dari KONI,” tutupnya.

Laporan : Mumun

Komentar