Site icon KonasaraNews.com

110 PPK Dilantik, Ketua KPUD Muna Titip Pesan Begini

Ketgam: Ketua KPUD Muna, Kubais melantik 110 PPK. Foto: Erwino.

MUNA – Sebanyak 110 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang tersebar di 22 Kecamatan, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra), resmi dilantik pada Rabu, 4 Januari 2023.

Prosesi pelantikan dilakukan langsung oleh ketua KPUD Muna, Kubais. Dalam sambutannya, Kubais mengatakan, setiap PPK diwajibkan untuk memahami dan melaksanakan 11 poin yang terdapat dalam fakta integritas.

Menurutnya, tugas seorang PPK tidaklah sulit. Asalkan dapat bekerjasama dan menjalankan tugas dengan baik.

“Terpenting adalah respon cepat atas penyampaian KPU yang dilakukan sesuai peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Kata dia, untuk menyukseskan jalannya pemilihan umum (Pemilu), seluruh penyelenggara harus bekerja dalam satu koridor. Keputusan yang diambil sifatnya kolektif dan kolegial. Makanya, solideritas antar sesama sangat dibutuhkan.

“Harus satu nafas, satu semangat dalam menyukseskan semua tahapan Pemilu,” serunya.

Kubais juga bilang, jika seorang penyelenggara bekerja dengan tidak sungguh-sungguh, maka akan mempengaruhi psikologis rekan yang lain. Untuk itu, dirinya berpesan agar pakta integritas mesti dilaksanakan dengan sebaik mungkin.

“Bekerja sesuai aturan. Penyelenggara itu pengelola konflik untuk partai politik. Jadilah penyelesaian konflik, jangan jadi pemicu munculnya konflik,” sebutnya.

Usai dilantik, para PPK diimbau untuk segera berkordinasi dengan stakeholder di tingkat Kecamatan yang dapat membantu kerja-kerja PPK berjalan dengan baik.

“Tujuh hari pasca pelantikan, PPK sudah harus mengusulkan sekretariatnya di kantor Kecamatan,” pesannya.

Laporan: Erwino

Exit mobile version