Dinas Ketapang Konsel Pantau Pergerakan Harga Komoditas Jelang Natal dan Tahun Baru

KONAWE SELATAN – Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), terus memantau pergerakan harga pangan untuk menekan inflasi menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022.

Upaya itu dilakukan untuk memastikan stok konsumsi pangan di wilayah Konsel tetap aman tanpa adanya kelangkaan maupun harga yang melonjak jelang akhir tahun.

“Kami memonitor terus yang terkait dengan inflasi di daerah, tiap minggu kami memonitor ini bersama-sama dengan pemerintah, jelang Natal tahun ini,” ujar Kadis Ketapang Konsel, Setia Ningsih Mangidi saat di temui diruang kerjanya, Selasa (6/12/2022).

BACA JUGA :  Nestapa Nelayan di Konut, Direktur EXOH : Rakyat Dibuat Susah

Meski kata Setia, diprediksi ada beberapa harga komoditas bakal mengalami kenaikan 2,5 persen, namun hal itu tidak akan mempengaruhi kelangkaan bahan tersebut.

“Saat ini harga komoditas masih stagnan tidak menunjukan adanya lonjakan harga. Biasanya itu, nanti H mines enam,” terangnya.

“Kami akan selalu berkoordinasi dengan sektor terkait untuk memastikan ketersediaan pangan di Konsel dalam kondisi aman. Yang jelas upaya itu pasti kita optimalkan,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Kabid Ketersedian dan Kerawanan Pangan, Purwanto menyebut, beberapa komoditas yang diprediksi bakal naik seperti, minyak goreng, bawang merah/putih, cabe kriting dan cabe rawit.

BACA JUGA :  Dugaan Sertifikat Terbit Diatas Pencadangan Transmigrasi Mencuat, DPRD Konut Didesak Bentuk Pansus

“Harga komoditas itu naik karena produksi dari luar daerah, ditambah permintaan yang semakin besar jelang Natal dan tahun baru,” bebernya.

Sementara untuk stok komoditas pangan yang dipastikan aman dan tak mengalami kenaikan harga, sebut Purwanto yakni, beras, jagung, daging sapi, ayam, telur dan gula pasir.

“Dipastikan aman karena Kabupaten Konsel salah satu daerah lumbung pangan, apalagi saat ini musim panen,” pungkasnya.

Penulis : Ely

Komentar