Wisata Air Terjun Moramo Konsel Juara Tiga Nasional ADWI Kategori Daya Tarik Pengunjung

KONAWE SELATAN – Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Provinsi Sulawesi Tenggara dinobatkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia (RI) sebagai juara 3 se-Indonesia untuk kategori daya tarik pengunjung.

Secara seremonial diumumkan pada malam apresiasi Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022 yang digelar dengan tema “Dari Desa untuk Indonesia Bangkit” di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Minggu 30 September 2022.

Ketua Pokdarwis Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumber Sari, Ipa Sapari Suryadin mengatakan selain wisata alamnya terdapat pula agrowisata, kerajinan tangan dan seni budaya yang beragam dari sejumlah etnis yang ada di Indonesia.

“Mulai dari budaya Tolaki, Jawa, Bali, Bugis yang telah menyatu dalam toleransi. Kami juga mengembangkan unit usaha homestay dan UMKM, menjajakan souvenir dan kuliner yang diproduksi disini. Nah ini yang terus kita promosikan,” sebutnya.

Dirinya bertekad akan terus bersama pemerintah mengembangkan lagi, potensi potensi wisata yang membawa dampak positif bagi masyarakat di sekitar objek wisata dan masyarakat lainnya.

“Dengan penganugerahan ini tentu menjadi pemantik semangat untuk membangun desa melalui usaha usaha yang bergerak di bidang pariwisata, tentunya melalui kelompok sadar wisata (Pokdarwis),” terangnya.

Bupati Konsel, H Surunuddin saat dikonfirmasi menyebut malam apresiasi yang digelar tersebut sebagai malam yang sangat istimewa bagi seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) khususnya Kabupaten Konawe Selatan.

BACA JUGA :  Telan Anggaran Rp631,5 Juta, Direktur Eksekutif Explor Anoa Oheo Tantang Kejati dan Polda Sultra Periksa Proyek Peningkatan Jalan di Desa Bungguosu Konut

“Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak terkait, seluruh lapisan masyarakat, Pokdarwis, Pemkab Konsel dan Pemprov Sultra, para akademisi, organisasi atau komunitas, pegiat wisata, dan pihak swasta yang berkolaborasi mengantar desa wisata air terjun Moramo Sumber Sari juara 3 terbaik kategori daya tarik pengunjung Adwi 2022,” ungkapnya Senin,31 Oktober 2022.

“Tentunya ini juga tak terlepas dari kerja keras seluruh tim di lapangan yang bekerja keras selama ini. Terimakasih atas kinerjanya selama ini,” imbuhnya.

Konsel-1 itu menjelaskan pengembangan sektor pariwisata akan terus berlanjut. Seluruh potensi wisata di daerah akan dibangkitkan. Tentunya pemerintah tak bisa bekerja sendiri. Semua lapisan masyarakat diajak bahu membahu.

“Kedepannya Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumber Sari akan semakin dikembangkan. Kemudian desa desa wisata lainnya di Konsel juga kita dorong, seperti Namu. Agar pariwisata semakin berkembang memberi dampak positif bagi masyarakat juga daerah,” ujarnya.

Pemkab Konsel dibawah kepemimpinannya komitmen bekerja untuk menyenangkan masyarakat. Peningkatan pariwisata, lanjutnya, bertahap ditangani.

“Penghargaan ini hingga meraih juara 3 nasional adalah keberhasilan semua masyarakat Sultra khususnya Kabupaten Konawe Selatan. Mari bergerak bersama-sama memberi kontribusi untuk Indonesia Bangkit. Di daerah kita wujudkan Desa Maju Konsel Hebat,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Pastikan Bersih Dari Narkoba, PT BSJ Gelar Kegiatan Tes Urine Seluruh Karyawan

Kepala Dinas Pariwisata Konsel, Adywarsyah Toar mengucap syukur alhamdulillah, dengan proses yang panjang desa wisata air terjun Moramo Sumber Sari masuk 50 besar terbaik, dan memperoleh juara 3 terbaik kategori daya tarik pengunjung Adwi 2022.

“Kategori ini cukup bergengsi karena berbicara wisata, erat kaitannya dengan daya tarik pengunjung. Semua ini berkat kerja keras seluruh stakeholder, baik Pemerintah, elemen masyarakat, dan swasta. Tentunya tak terlepas dari peran Bupati Konsel bapak H Surunuddin Dangga,” ujarnya.

Ia menambahkan strategi pembangunan Bupati Konsel H Surunuddin Dangga melalui konsep Desa Maju Konsel Hebat, satu persatu terwujud. Mulai berbuah. Prestasi demi prestasi berhasil ditorehkan melalui pedesaan. Sampai tingkat nasional. Dirinya menyebut, penghargaan itu bukan akhir karena pengembangan wisata yang berkelanjutan akan terus dilakukan.

“Pengembangan wisata di Konsel akan terus dibangun, mulai dari meningkatkan sinergitas lintas pemerintah dan OPD dan pihak terkait lain, peningkatan sarana dan prasarana, dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Bukan hanya Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumber Sari, namun pengembangan wisata akan berkesinambungan ke wisata lain yang potensial,” tandasnya.

Laporan: Ken

Komentar