Persiapan Akreditasi, Puskesmas Wakorut Berbenah dan Tingkatkan Mutu Pelayanan

Buton Utara, Daerah34 Dilihat

BUTON UTARA – Puskesmas Wakorumba Utara (Wakorut) Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra), saat ini tengah sibuk melakukan pembenahan dalam menghadapi persiapan akreditasi.

Kepala Puskesmas (Kapus) Wakorut, Kusmayanti mengatakan, pembenahan yang dilakukan itu meliputi keindahan gedung dan areal puskesmas. Sementara untuk struktur bangunan ada yang mengalami kerusakan, maka segera diperbaiki.

“Dari fisik sudah mulai diindahkan. Gedung yang butuh perbaikan juga dikerja ulang, supaya pasien juga merasa lebih nyaman,” ujar Kusmayanti ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (29/10/2022).

Selain berbenah, pihak puskesmas juga telah berkomitmen untuk meningkatkan mutu kinerja, terutama dalam hal pelayanan. Hingga saat ini, pelayanan di tempat itu juga belum pernah mendapat keluhan dari masyarakat.

BACA JUGA :  Barisan Muda Ikbar Sukses Gelar Turnamen E-Sports Mobile Legend, 24 Tim Ikut Ambil Bagian

Adapun pelayanan mulai dibuka pada pukul 08.00 Wita sampai 12.00 Wita untuk Poli. Sedangkan unit gawat darurat (UGD) dan rawat terbuka 24 jam.

“Pelayanan itu yang utama. Alhamdulillah selama ini belum pernah ada yang komplain soal pelayanan,” sebutnya.

Kusmayanti menerangkan, jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang bekerja di bawah komandonya sebanyak 67 orang termasuk bidan dan perawat. Sementara, dokternya berjumlah tiga orang. Satu dokter gigi, dua dokter umum.

BACA JUGA :  Telan Anggaran Rp631,5 Juta, Direktur Eksekutif Explor Anoa Oheo Tantang Kejati dan Polda Sultra Periksa Proyek Peningkatan Jalan di Desa Bungguosu Konut

“Paling banyak bidan. Kalau dokternya, satu tenaga kontrak dan dua ASN,” terangnya.

Sayangnya, pihak puskesmas masih kekurangan kendaraan operasional roda empat. Itu pun, satu unit yang ada saat ini kondisinya sudah menua dan mulai mengalami kerusakan.

Jika melayani rujukan ke luar daerah, tentu akan memakan waktu beberapa hari. Sehingga, bisa menimbulkan kendala pada pelayanan pasien di puskesmas bila harus menggunakan kendaraan.

“Mudah-mudahan kedepannya bisa ada tambahan,” pintanya.

Laporan : Erwino

Komentar