Tingkatkan Ketahanan Pangan, Bupati Konut Rakor Bersama Seluruh Kades

Daerah, Konawe Utara40 Dilihat

KONAWE UTARA – Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, menggelar rapat koordinasi evaluasi pelaksanaan PPKP dalam rangka menunjang Program Ketahanan Pangan Nasional Tahun, Senin (10/10/2022).

Untuk itu, Bupati Ruksamin mengumpulkan seluruh kepala desa, lurah dan camat bertempat dilantai I kantor Bupati Konawe Utara.

Bupati Ruksamin dalam sambutannya mengatakan, Program Pemanfaatan Kebun Pekarangan (PPKP) merupakan program prioritas Pemkab Konawe Utara dalam rangka menjamin ketersedian pangan.

“Menumbuhkan perekonomian daerah, dan mencegah inflasi. Dan program ini sudah di sosialisasikan ke seluruh wilayah Kabupaten Konawe Utara,” katanya.

Maka dari itu, lanjut Ruksamin, rapat yang digelar bertujuan untuk melakuakan evaluasi sudah sejauh mana program tersebut dilaksanakan.

“Ada tiga permasalahan nasional yaitu Inflasi, stanting, kemiskinan yang ekstrim. Pemerintah Kabupaten Konawe Utara telah menjawab semua permasalahan itu dengan Program Pemanfaatan Kebun Pekarangan,” uajrnya.

BACA JUGA :  P3D Konut Sebut Bos PT Ambo "Raja Otoriter Baru" di Blok Mandiodo

Untuk menajmin keberhasilan program ini, Ruksamin meninstruksikan untuk membentuk tim pendampingan dari dinas Terkait dan juga akan menyiapkan anggaran untuk menstimulus pergerakan roda perekonomian masyarakat melalui PPKP ini.

“Insya Allah salah satu kebijakan yang akan saya ambil untuk mendukung kalian (dalam hal ini Kepala Desa) punya program, tahun depan Anggaran Dana Desa saya siapkan Rp500 sampai Rp600 juta per tahun. Namun bagi desa yang belum membuka lahan perkebunan, saya akan pending dulu,” ungkap Ruksamin.

Selain itu, untuk menopang kinerja para kepala desa, Ruksamin selaku pimpinan tertinggi meminta kepada BPMD Kabupaten Konawe Utara untuk mencatat kades yang belum mempunyai kendaraan.

BACA JUGA :  Direktur Explor Anoa Oheo Sebut Konut Darurat Narkoba

“DPMD catat, kalau nda salah masih sekitar 40 kepala desa yang belum memilik motor dinas. Tahun depan kita siapkan Kendaraan,” terangnya.

Setelah dibuka secara resmi, rapat koordinasi dilanjutkan dengan sesi pemaparan oleh Tim Ahli dan tanya jawab untuk memformulasikan langkah-langkah yang akan di tempuh untuk mewujudkan Konawe Utara lebih sejahtera dan berdaya saing.

Turut hadir dalam rapat koordinasi adalah Bupati Konawe, Ruksamin, Wakil Bupati Abu Haera, jjaran FORKOPIMDA, Ketua Tim Penggerak PKK, Asisten dan Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Lurah, Kepala Desa, dan juga pendamping desa se Kabupaten Konawe Utara.

Laporan : Mumun

Komentar