Dinas Perkebunan dan Holtikultura Konut Gelar Sosialisasi Peremajaan Kelapa Sawit

Daerah, Konawe Utara80 Dilihat

KONAWE UTARA –Dinas Perkebunan dan Holtikultura Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar sosialisasi peremajaan kelapa sawit.

Sosialisasi tersebut digelar pada, Rabu (5/10/2022) bertempat di salah satu hotel di Konawe Utara dan dibuka langsung oleh Bupati Ruksamin.

Bupati Ruksamin dalam sambutannya mengatakan, jika uas areal perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Konawe Utara merupakan yang terluas.

Sehingga, lanjut Ruksamkn, sektor perkebunan menjadi sala satu andalan Kabupaten Konawe Utara dalam mengembangkan perekonomian daerah dan masyarakat.

“Dengan luas tanaman Kelapa Sawit mencapai sekitar 24.554 heltare yang terdiri dari PT Perkebunan Nusantara XIV Seluas 3.953 hektare dengan luas lahan plasma 2.500 hektare dan luas lahan inti 1.453 hektare,” kata Ruksamin.

“Lahan milik petani yang menjadi plasma di PT Damai Jaya Lestari seluas 6.005 hektare, dan lahan milik petani yang menjadi plasma di PT Sultra Prima Lestari seluas 6.596 hektare,” lanjutnya.

BACA JUGA :  P3D Konut Sebut Bos PT Ambo "Raja Otoriter Baru" di Blok Mandiodo

Melihat hal tersebut, jelas Ruksamin, Kabupaten Konawe Utara memiliki potensi perkebunan yang merupakan aset dan modal dasar pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kepada instansi terkait untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan guna mendukung kelancaran dan keberhasilan peremajaan kelapa sawit di Konawe Utara, selain peremajaan perkebunan kelapa sawit, perlu juga diperhatikan pemberdayaan masyarakat selama proses peremajaan tanaman sawit sehingga sektor perkebunan menjadi salah satu penyedia lapangan kerja bagi masyarakat Kabupaten Konawe Utara dan saudara-saudara kita yang berada diluar Kabupaten Konawe Utara,” imbuhnya.

Bupati Ruksamin juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan berbagai pihak dalam mensukseskan visi misi menuju Konawe Utara yang lebih sejahterah dan berdaya saing.

BACA JUGA :  Dugaan Sertifikat Terbit Diatas Pencadangan Transmigrasi Mencuat, DPRD Konut Didesak Bentuk Pansus

“Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan berbagai pihak dalam mensukseskan visi misi Kabupaten Konawe Utara dengan memberi Perhatian pada komoditi kelapa sawit sebagai stretegi utama dalam mewujudkan pembangunan. Sebagaimana telah digalakan Pemda Konawe Utara melalui strategi revilitasi perkebunan rakyat dalam bentuk kegiatan ekstensifikasi, kegiatan peremajaan dan perluasan kebun rakyat,” terangnya.

Turut hadir dalam pembukaan sosialisasi, Ketua Tim Peremajaan Kelapa Sawit Direktoral Jenderal Perkebunan Kementrian Pertanian RI (Via zoom), Kepala Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah XXII Kendari (Via zoom ), Kepala Pusat Penelitian Kelapa Sawit Medan (Via zoom), Ketua DPRD, Forkopimda, Kepala BPKH, Tim Peremajaan Kelapa Sawit Provinsi Sutra, Camat, KUD, dan pekebun sawit.

Laporan : Mumun

Komentar