Dua Balon Kades di Loghiya Muna Resmi Mendaftar

Daerah, Muna117 Dilihat

MUNA – Pesta demokrasi tingkat desa di wilayah Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra), tak lama lagi digelar. Tahapannya sudah sementara berjalan. Saat ini memasuki masa pendaftaran bakal calon (Balon) yang dimulai sejak 6 hingga 14 September 2022.

Untuk Desa Loghiya Kecamatan Lohia sendiri, ada dua bakal calon (Balon) kepala desa (Kades) yang telah mendaftarkan diri secara resmi pada Sabtu (10/9/2022) adalah La Ode Muhammad Idris dan La Bidu.

Wakil Ketua PPKD Loghiya, Abas mengatakan, berkas kedua balon Kades itu secara resmi diterima untuk selanjutnya dilakukan verifikasi.

Jika nantinya terdapat kekurangan, maka diserahkan kembali pada balon yang bersangkutan untuk diperbaiki sebelum memasuki tahapan penetapan calon.

BACA JUGA :  Mantan Kepala BKAD Konut Angkat Bicara Terkait Pinjaman Daerah

“Informasinya akan ada tiga bakal calon yang mendaftar. Tapi hari ini baru dua orang yang datang,” kata Abas ditemui di Kantor Desa Loghiya, Sabtu (10/9/2022).

Abas menerangkan, para calon Kades nantinya akan memperebutkan suara dari total wajib pilih sebanyak 895 jiwa.

Namun jumlah itu bisa saja bertambah dengan masuknya pemilih pemula yang telah berusia 17 tahun sebelum hari H.

“Syaratnya tinggal membawa surat keterangan dari Disdukcapil atau KTP asli dan kartu keluarga (KK),” timpalnya.

Sementara itu, ada yang tampak berbeda dari kedatangan dua balon kades saat menyambangi kantor Desa. Jika La Bidu hanya ditemani sang istri, lain lagi dengan La Ode Muhammad Idris.

BACA JUGA :  Kabar Bahagia!, Paslon Ikbar-Abuhaera Bakal Naikkan Honor Aparat Desa dan BPD

Idris malah diantar sanak keluarganya dengan cara berbondong-bondong memasuki ruang kantor. Itupun sebagian harus menunggu di luar karena kapasitas ruangan yang terbatas.

“Alhamdulillah keluarga besar sangat mendukung. Jadi hari ini semua ikut mendampingi saya untuk mendaftarkan diri,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Pak Is ini bukanlah orang asing bagi masyarakat Desa Loghyia. Ia memiliki basis keluarga besar yang tersebar di wilayah itu. Belum lagi dukungan dari rekan-rekan sejawatnya yang selalu mensuport dirinya agar maju dalam bursa pencalonan Kades.

“Kita hanya bisa berusaha, tapi Tuhan lah yang menentukan. Yang jelas, dukungan dari rekan-rekan dan keluarga sangat berarti sekali bagi saya,” cetusnya.

Laporan : Erwino

Komentar