Site icon KonasaraNews.com

Kunjungi Konut, Menteri Perhubungan Bakal Bangun Dermaga di Labengki

Ketgam : Bupati Ruksamin saat mendampingi Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi dan Gubernur Sultra, Ali Mazi disela-sela kunjungannya di kantor UPP Syahbandar Molawe, Sabtu (20/8/2022). Foto : Ist

KONAWE UTARA – Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi berjanji bakal membangun dermaga di wisata Lebengki, Desa Labengki Kecamatan Lasolo Kepulauan, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal tersebut disampaikan disela-sela kunjungannya meninjau Pelabuhan kelas III Molawe di wilayah Kabupaten Konawe Utara Sabtu, (20/08/2022).

“Kita akan membangun sebuah dermaga yang berfungsi juga sebagai penahan ombak,” katanya.

Menurut Budi Karya Sumadi, dermaga yang dibangun mantinya selain berfungsi sebagai penahan ombak, dermaga tersebut dapat digunakan sebagai tempat samdarnya kapal pemgangkut wisatawan.

“Dermaga kita bangun di pulau wisata Labengki sehingga wisatawan bisa berkunjung dengan baik di pulau tersebut,” ujarnya.

Selain itu, hal paling utama kunjungannya ke UPP Syahbandar Molawe adalah untuk terus mengintensifkan upaya penertiban penggunaan terminal guna kepentingan sendiri (TUKS) dan terminal khusus (Tersus).

Melalui upaya ini, ditargetkan dapat meningkatkan jumlah Badan Usaha Pelabuhan (BUP) di Sulawesi Tenggara, khususnya di Kabupaten Konawe Utara.

“Ada banyak pelabuhan, TUKS, dan tersus, baik itu yang dikelola BUMN, Pemda, maupun swasta, yang tentunya semua harus dikelola dengan baik didasarkan pada Good Corporate Governance (GCG), agar tidak ada lagi pelabuhan tikus atau dokumen terbang/palsu,” terangnya.

Untuk diketahui, sebelum mengunjungi Konut, Menhub Budi Karya Sumadi terlebih dahulu meninjau pelabuhan Bungkutoko dan pelabuhan jetty Morosi.

Dalam kunjungan tersebut, Menhub didampingi oleh Direktur Jenderal Pelabuhan Laut, Arif Toha Tjajagama, Gubernur Sultra, Ali Mazi. Dan disambut langsung Bupati Ruksamin, Wakil Bupati Abuhaera, Forkopimda, Sekda dan kepala OPD Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara.

Laporan : Mbisi

Exit mobile version